Labels

Wednesday, December 23, 2015

The Eights

Tidak ada yang kebetulan, begitulah yang saya yakini, terutama berkenan dengan semua jalan kerja Tuhan yang memang terpola atau memiliki pola tanpa mengurangi sisi misterius cara Tuhan bekerja dari zaman ke zaman dan waktu ke waktu. Dan ketika berkenaan dengan segala sesuatu yang serba delapan, maka hal itu secara pasti akan membawa pembaharuan atau membawa sebuah awal yang baru. Berikut ini beberapa perkara yang tertulis di Alkitab berkenaan dengan angka delapan:

1. Metusalah - "Setelah Henokh hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan Metusalah." - Kejadian 5:21. Ketika Tuhan menilai bahwa dunia semakin jahat dan terpuruk karena dosa, maka Tuhan berencana untuk menghapus seluruh peradaban manusia dengan mendatangkan air bah, dan untuk menunjukkan waktu datangnya hari penghakiman besar itu, maka Tuhan menunjukkan Metusalah (yang artinya adalah pada waktu kematiannya) sebagai penanda waktu yakni air bah datang di tahun yang sama wafatnya Metusalah. Dan jika kita hitung dari Adam yang pertama, maka Metusalah merupakan leluhur ke-8, sekaligus orang pertama yang melihat sebuah pengangkatan (rapture), yakni ayahnya sendiri, Henokh. Dan Metusalah juga orang pertama yang melihat anaknya, Lamekh, wafat lebih dulu, sebab dari sepuluh leluhur pertama yang disebutkan dalam Kitab Kejadian pasal 5, seluruh ayah wafat lebih dulu daripada anak-anaknya, kecuali Metusalah terhadap Lamekh. 

2. Bahtera - "Pada hari itu juga masuklah Nuh serta Sem, Ham dan Yafet, anak-anak Nuh, dan isteri Nuh, dan ketiga isteri anak-anaknya bersama-sama dengan dia, ke dalam bahtera itu." - Kejadian 7:13. Misi untuk menyelamatkan ras manusia dari bencana air bah dan untuk memulai sebuah awal yang baru dimulai dengan 8 orang yang selamat karena masuk ke dalam bahtera.

3. Sunat - "Anak yang berumur delapan hari haruslah disunat, yakni setiap laki-laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu." - Kejadian 17:12. Pada prinsipnya Tuhan hendak berkata bahwa seorang bayi berusia 7 hari telah sempurna sebagai seorang manusia, namun dengan disunat maka ia diharapkan menjadi ciptaan yang baru. Prinsipnya sama dengan kita yang telah menerima Kristus harus mengalami sunat hati dari waktu ke waktu untuk menjadi manusia baru.

4. Ribkah, istri Ishak - "Sesudah itu Abraham mendapat kabar: 'Juga Milka telah melahirkan anak-anak lelaki bagi Nahor, saudaramu: Us, anak sulung, dan Bus, adiknya, dan Kemuel, ayah Aram, juga Kesed, Hazo, Pildash, Yidlaf dan Betuel.' Dan Betuel memperanakkan Ribka. Kedelapan orang inilah dilahirkan Milka bagi Nahor, saudara Abraham itu." - Kejadian 22:20-23. Ishak merupakan bayang-bayang Yesus Kristus yang hanya memiliki satu istri seumur hidupnya. Dan ayah mertuanya, yakni ayah Ribkah, Betuel merupakan anak bungsu dari delapan bersaudara.

5. Raja Daud - "Daud adalah anak seorang dari Efrata, dari Betlehem-Yehuda, yang bernama Isai. Isai mempunyai delapan anak laki-laki. Pada zaman Saul orang itu telah tua dan lanjut usianya." - 1 Samuel 17:12. Daud dipilih Tuhan untuk membawa perubahan dan pembaharuan dalam berbagai aspek kehidupan umat pilihan, baik kehidupan berbangsa dan bernegara maupun kehidupan rohani, dan bukan saja hal ini berlaku pada zamannya, melainkan juga pada masa kekekalan nanti, Daud tetap menjadi raja bagi seluruh umat Israel.

6. Hanukkah - "Tidak lama kemudian tibalah hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem; ketika itu musim dingin." - Yohanes 10:22. Hari Pentahbisan Bait Suci atau disebut juga Hanukkah dalam bahasa Ibrani, merupakan perayaan ke-8 dalam kalender Ibrani setelah tujuh perayaan utama (God's Holy Feasts) yang tertulis dalam Kitab Imamat pasal 23. Hanukkah yang dirayakan selama delapan hari berturut-turut dari tanggal 25 Kislev - 2 Tevet setiap tahunnya. Sejarah mencatat bahwa Hanukkah ada sebagai rededikasi Bait Suci kepada Tuhan setelah selama 3,5 tahun dinajiskan oleh seorang penguasa Yunani bernama Antiochus IV Epiphanes di zaman Judas Maccabeus (168 - 165 SM).

7. Yohanes Pembaptis - "Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet." - Lukas 1:5. Yohanes Pembaptis merupakan Sang Pembuka Jalan bagi Yesus Kristus. Ayahnya ialah Zakharia, seorang imam dari rombongan Abia, yakni rombongan ke-8 dari dua puluh empat rombongan imam yang mendapat giliran bertugas di Bait Suci (1 Tawarikh 24:10).

8. Antikristus - "Dan binatang yang pernah ada dan yang sekarang tidak ada itu, ia sendiri adalah raja kedelapan dan namun demikian satu dari ketujuh itu dan ia menuju kepada kebinasaan." - Wahyu 17:11. Antikristus atau binatang yang keluar dari laut (Wahyu 13) merupakan raja ketujuh sekaligus raja kedelapan yang akan bangkit melawan Tuhan dan berusaha membinasakan eksistensi umat pilihan, Israel. Namun takdirnya telah ditetapkan untuk eksis sesaat lalu binasa dalam kekekalan. Dan setelah ia binasa, akan ada Zaman Baru, Yerusalem Baru, Langit Baru dan Bumi Baru (Wahyu 21 - 22).

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.