Labels

Sunday, July 14, 2019

Menjawab Fantasi Pre-Tribulation Rapture

Setiap kali saya bertemu orang yang meyakini bahwa Rapture akan terjadi sebelum Masa Tribulasi Besar, maka ada dua bagian firman yang saya ajukan untuk memastikan keyakinannya itu:

1. Wahyu 20:4-6,

"Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.

"Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan pertama. 

"Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya."

Bersama dengan firman Tuhan tersebut, saya pun mengajukan pertanyaan, 

"Siapakah mereka yang memerintah sebagai raja bersama dengan Kristus untuk masa seribu tahun itu? Mereka yang tertinggal karena tidak ikut Rapture? Sedangkan menurut kamu mereka tertinggal karena tidak punya standar kekudusan yang cukup. Apakah kamu yakin orang yang tadinya kompromis dengan dosa, bisa memenangkan imannya pada Masa Tribulasi Besar?"

"Mereka yang mengalami kebangkitan pertama dan memerintah sebagai raja bersama dengan Kristus adalah yang dipenggal KARENA menolak tanda binatang dan menyembah patungnya. Kalau kamu yakin merasa bakal terangkat dalam Rapture demi terhindar dari Masa Tribulasi Besar, berarti kamu tidak punya bagian dalam memerintah bersama Kristus selama masa seribu tahun yah?"

2. Wahyu 13:15-17,

"Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

"Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,

"dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya."

Frasa 'dan ia menyebabkan' dalam Alkitab versi The Message disebut 'it FORCED (all people)' artinya ada usaha pemaksaan (atau pergulatan) dari pihak Antikristus supaya semua orang menerima tanda namanya.

Pertanyaannya, 

"Jika kamu yakin bahwa yang bertemu Antikristus nanti adalah mereka yang setengah hati, yang setengah kudus, dan yang jahat, karena semua yang sepenuh hati sudah terangkat dalam Rapture, lalu untuk apa Antikristus memaksakan tandanya untuk diterima?"

Memang ada banyak orang Kristen yang bersaksi dengan mengaku mendapat mimpi, mendapat penglihatan atau bahkan mengaku dibawa ke Sorga dan ujungnya mengatakan untuk bersiap supaya ikut dalam Rapture, alih-alih mempersiapkan diri (put our house in order) untuk menghadapi Masa Tribulasi Besar.

Tapi semua mimpi, semua penglihatan, maupun semua pengalaman spiritual itu hanyalah ilham roh yang posisinya lebih rendah daripada prinsip kebenaran.

Itu sebabnya, ketika jemaat Tesalonika resah akan adanya rumor munculnya kembali Antikristus, rasul Paulus berkata,

"... supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba."

Dalam bahasa Inggris, ilham roh disebut breathless report alias "pepesan kosong" yang sifatnya masih sangat mentah dan perlu dibuktikan sejalan dengan waktu.

Akhir kata, ambillah waktu dan renungkan nasihat dan petunjuk yang dinyatakan rasul Paulus berikut ini,

"Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab SEBELUM Hari itu haruslah DATANG DAHULU murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa, yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah."

Tuhan memberkati.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.