Tuesday, September 4, 2012

Jurnal SHRK September 2012 - Hari Ke-2 Vol. 2

Sekalipun Iblis semakin kuat dan lihai, namun Tuhan tetap menjanjikan kemenangan: "Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua: 'Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyerahkan mereka kepadamu. Tidak seorangpun dari mereka yang akan dapat bertahan menghadapi engkau.'" - Yosua 10:8. Jangan takut, namun hadapi bersama dengan-Nya.

"Sedang mereka melarikan diri di depan orang Israel dan baru di lereng Bet-Horon, maka TUHAN melempari mereka dengan batu-batu besar dari langit, sampai ke Azeka, sehingga mereka mati. Yang mati kena hujan batu itu ada lebih banyak dari yang dibunuh oleh orang Israel dengan pedang." - Yosua 10:11. Di 2013, berkat maupun bencana akan datang seperti hujan, namun masing-masing dapat memilih kepada siapa berkat dan bencana akan datang sesuai dengan kehendak Tuhan. Jadi akan semakin nyata perbedaan antara orang benar dengan orang fasik.

"Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: 'Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!'" - Yosua 10:12. Demonstrasi akan kuasa Tuhan melalui Gereja-Nya akan semakin nyata dan tidak terbatas. Apa yang bahkan kelihatan mustahil sekalipun akan dibalikkan menjadi keajaiban.

"Setelah raja-raja itu dikeluarkan dan dibawa kepada Yosua, maka Yosuapun memanggil semua orang Israel berkumpul dan berkata kepada para panglima tentara, yang ikut berperang bersama-sama dengan dia: 'Marilah dekat, taruhlah kakimu ke atas tengkuk raja-raja ini.' Maka datanglah mereka dekat dan menaruh kakinya ke atas tengkuk raja-raja itu. Lalu berkatalah Yosua kepada mereka: 'Janganlah takut dan janganlah tawar hati, kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab secara itulah akan dilakukan TUHAN kepada semua musuhmu, yang kamu perangi.'" - Yosua 10:24-25. Musuh-musuh beserta semua kekayaannya hanya akan diserahkan kepada umat yang berperang, bagi mereka yang masih malas untuk berperang, malas untuk deklarasi, malas untuk merampungkan tugas dan tanggung jawab, akan semakin tertinggal.

Menaklukkan Hazor & Kedar

"Setelah hal itu terdengar kepada Yabin, raja Hazor, diutusnyalah orang kepada Yobab, raja Madon, dan kepada raja negeri Simron, kepada raja negeri Akhsaf, ... Pada waktu itu Yosua kembali, direbutnya Hazor, dan rajanya dibunuhnya dengan mata pedang. Sebab Hazor pada waktu dahulu adalah yang terutama di antara segala kerajaan itu. Semua makhluk yang ada di dalamnya dibunuhnya dengan mata pedang, sambil menumpas orang-orang itu. Tidak ada yang tinggal hidup dari semua yang bernafas dan Hazor dibakarnya." - Yosua 11:1-11

Ada janji yang istimewa di balik kemenangan kita terhadap Gibeon, yaitu Hazor. Di seluruh Kanaan, Kerajaan Hazor adalah yang terbesar pada zaman itu. Bahkan menurut catatan berbagai penemuan para arkeolog yang dilakukan di Timur Tengah, penemuan peninggalan bersejarah atas bekas Kerajaan Hazor adalah penemuan terbesar ke-3. Jadi Tuhan menjanjikan kemenangan atas Hazor setelah menaklukkan Gibeon. Lalu apa yang istimewa dari Kerajaan Hazor ini?

"Mengenai Kedar dan mengenai kerajaan-kerajaan Hazor yang dipukul kalah oleh Nebukadnezar, raja Babel. Beginilah firman TUHAN: 'Bersiaplah, majulah melawan Kedar, binasakanlah orang-orang di sebelah timur! Hendaklah kemah-kemah mereka dan kawanan domba mereka dirampas sampai bersih, tenda-tenda mereka dan segala perabot mereka; hendaklah unta-unta mereka habis dibawa serta, dan hendaklah berteriak-teriak kepada mereka: Kegentaran dari segala jurusan! ... Aku akan menyerakkan ke segala mata angin mereka yang berpotong tepi rambutnya berkeliling, dan dari segala penjuru Aku akan mendatangkan bencana atas mereka, demikianlah firman TUHAN. Hazor akan menjadi tempat persembunyian bagi serigala, menjadi tempat tandus sampai selama-lamanya; seorangpun tidak akan diam lagi di sana dan seorang manusiapun tidak akan tinggal lagi di dalamnya.'" - Yeremia 49:28-33.

Kerajaan Hazor telah dilenyapkan pada zaman Yosua, namun spiritualitasnya masih ada di zaman Nabi Yeremia. Dan pada zaman itu, baik Kerajaan Hazor dan bani Kedar merupakan sekumpulan masyarakat yang bertetangga bahkan bercampur baur. Jadi penaklukkan terhadap Hazor sama dengan penaklukkan terhadap Kedar. Itu berarti Tuhan menjanjikan akan adanya Lawatan & Tuaian jiwa-jiwa yang terbesar di negeri ini begitu kita menaklukkan Gibeon.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
Destined to become prosperous and famous. But still learning to be happy and keep struggling to be an increasingly willing servant who dies more and more to self. A Dreamer Of Isaiah 60 fulfillment for Indonesia and by the grace of God, will witness and finish them all.