Labels

Thursday, May 1, 2014

Waktu Pengangkatan & Identitas Dua Saksi - Vol. 2

* Tulisan pengajaran ini merupakan hasil studi dari berbagai sumber yang sifatnya cenderung lebih subyektif dikarenakan adanya berbagai versi pemahaman tentang Eskatologi / Akhir Zaman. Namun keberadaannya yang cenderung subyektif ini tidak mengurangi tujuan utama penulisan ini, yakni untuk memaksa Pasukan dan Gereja Tuhan untuk tetap terjaga, tetap beriman dan tidak menjadi kecewa di masa-masa yang kritis dan transisional dalam beberapa tahun ke depan.

7 Hari Raya Tuhan (7 God's Feasts)

Sadarkah Anda bahwa istilah "hari libur" yang dalam bahasa Inggris disebut holiday, sesungguhnya mengacu kepada hari-hari perayaan yang Tuhan tetapkan bagi bangsa Yahudi? Holiday terdiri dari kata "holy" yang berarti kudus dan kata "day" yang berarti hari. Bukankah pada perayaan-perayaan tersebut Tuhan menuntut bangsa Israel untuk menguduskan hari-hari tersebut? Coba simak Kitab Imamat pasal 23 yang memuat 7 perayaan utama yang Tuhan tetapkan bagi bangsa pilihan-Nya. Dengan kita menelaah ketujuh hari yang sakral tersebut, maka kita akan mengetahui rancangan Tuhan dalam time table-Nya.


Bangsa Israel memiliki banyak perayaan, namun Kitab Imamat pasal 23 menyebutkan ada tujuh hari raya utama, yakni:

1. Paskah (Passover / Pesach) - setiap tanggal 14 bulan Nisan (Imamat 23:5). Perayaan ini telah digenapi saat Tuhan Yesus disalibkan dan mati di kayu salib.

2. Roti Tak Beragi (Unleavened Bread) - setiap tanggal 15 bulan Nisan (Imamat 23:6). Perayaan ini telah digenapi saat Tuhan Yesus dikuburkan.

3. Buah Sulung (Firstfruits) - setiap tanggal 16 - 22 bulan Nisan (Imamat 23:9-14). Perayaan ini telah digenapi saat Tuhan Yesus bangkit dari kematian dan menghadap kepada Bapa.

4. Pentakosta (Pentacost / Shavuot) - setiap tanggal 6 bulan Sivan (Imamat 23:15-22) atau 50 hari setelah Paskah. Perayaan ini telah digenapi saat Roh Kudus dicurahkan secara masif kepada 120 orang pertama setelah 10 hari sejak Tuhan Yesus terangkat ke Sorga.

Empat perayaan pertama telah digenapi Tuhan Yesus sebagai Imam Tertinggi dan Roh Kudus-Nya. Sedangkan tiga perayaan terakhir akan digenapi Tuhan Yesus sebagai Raja atas segalanya.

5. Peniupan Sangkakala (Rosh Hashanah) - setiap tanggal 1 bulan Tishrei (Imamat 23:23-25). Akan digenapi pada saat Tuhan Yesus menjemput Gereja-Nya di awan-awan, disebut juga Pengangkatan Gereja atau Rapture.

6. Pendamaian (Atonement / Yom Kippur) - setiap tanggal 10 bulan Tishrei (Imamat 23:26-32). Akan digenapi ketika Tuhan Yesus datang kedua kali - Second Coming, menginjakkan kedua kaki-Nya di Bumi dengan cara yang sama (dan kemungkinan besar pada saat yang sama, yakni 10 hari sebelum Pentakosta - tanggal 25 bulan Iyyar) - Kisah Para Rasul 1:11.

7. Pondok Daun (Tabernacles / Sukkot) - setiap tanggal 15 bulan Tishrei (Imamat 23:33-44). Akan digenapi ketika Kerajaan Seribu Tahun (Wahyu 20:6) berlangsung.

Misteri Rosh Hashanah

Secara literal Rosh Hashanah berarti tahun baru atau pergantian tahun yang selalu terjadi pada tanggal 1 bulan Tishrei setiap tahunnya. Perlu Anda ketahui bahwa menurut sejarah bangsa Yahudi, penciptaan bumi dimulai pada tanggal yang sama, dan berbagai peristiwa besar lainnya, di antaranya:

- Penciptaan manusia pertama kali
- Jatuhnya Adam ke dalam dosa
- Saat Kain dan Habel mempersembahkan korban mereka masing-masing kepada Tuhan
- Kelahiran Abraham, Ishak, Yakub dan Samuel
- Wafatnya Abraham, Ishak, dan Yakub
- Yusuf keluar dari penjara dan diangkat menjadi penguasa atas seluruh tanah Mesir
- Konon kelahiran Tuhan Yesus di Betlehem

Dengan demikian maka kita dapat menyimpulkan bahwa agenda dan cara kerja Tuhan pada tingkatan tertentu memiliki pola, yakni terutama ketika untuk memulai sesuatu yang baru, Tuhan memilih hari yang baru dalam tahun yang baru, termasuk saat Pengangkatan Gereja (Rapture). Berikut ini beberapa dasar hukum dan pemikiran yang meneguhkan bahwa tanggal 1 bulan Tishrei merupakan saat Rapture:

a. "Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri." - Matius 24:36. Bagi para rabbi, kalimat tersebut merupakan idiom yang mengacu pada hari dan saat (menit dan detik) pergantian tahun. Almanak Ibrani memakai penghitungan gerak matahari dan bulan (Kejadian 1:14-19). Pada zaman dahulu bahkan hingga saat ini, tidak ada seorangpun yang dapat menilai dengan tepat dan akurat kapan pergantian tahun terjadi, kecuali para rabbi besar yang mampu menilai hingga kisaran menit tertentu. Penentuan tanggal 1 Tishrei yang sekarang ini digunakan BUKAN dengan melihat pergerakan bulan secara manual, melainkan dari penghitungan otomatis yang dimulai sejak tanggal 1 Nisan (sekitar bulan Maret atau April tiap tahunnya).

b. "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." - Kisah Para Rasul 1:11. Jika cara yang sama Tuhan Yesus datang kedua kali menjejakkan kaki-Nya di Bumi adalah termasuk tanggal yang sama, yakni 25 Iyyar (10 hari sebelum 6 Sivan - Pentakosta / Shavuot), maka 42 bulan sebelum tanggal tersebut adalah 1 Tishrei.

c. "Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan." - 1 Tesalonika 4:16-17. Tanggal 1 bulan Tishrei Rosh Hashanah disebut juga hari peniupan serunai atau sangkakala (Trumpets Day). Hal yang sama juga diungkap oleh Rasul Paulus, "Sesungguhnya aku menyatakan kepadamu suatu rahasia: kita tidak akan mati semuanya, tetapi kita semuanya akan diubah, dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah." - 1 Korintus 15:51-52.

Alternatif Lain

Setelah kita mencermati beberapa poin pemikiran, apakah waktu Rapture hanya pada tanggal 1 Tishrei saja? Izinkan saya untuk mengajukan alternatif lainnya. Menurut Kitab Talmud bangsa Yahudi, ada dua tokoh besar yang tanggal kelahiran serta tanggal kepergiannya dari dunia terjadi di tanggal yang sama:

1. Ketika Henokh lahir dan ketika Henokh terangkat ke Sorga, hal itu terjadi pada tanggal 6 bulan Sivan (Pentakosta).

2. Begitu juga raja Daud lahir dan wafat di tanggal 6 bulan Sivan, Pentakosta.

3. Gereja "resmi" dilahirkan juga pada saat Roh Kudus dicurahkan di hari Pentakosta, apakah Gereja juga akan terangkat di hari yang sama?

Bersambung ...

Waktu Pengangkatan & Identitas Dua Saksi - Vol. 1

Waktu Pengangkatan & Identitas Dua Saksi - Vol. 3

* Untuk mengundang penulis bicara mengenai materi pengajaran ini lebih interaktif di persekutuan-persekutuan Anda, silakan kontak: windunatha@gmail.com 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.