Labels

Monday, February 6, 2012

Kelengahan Jiwa Yang Mematikan

"Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN: 'Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu.' Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat." - 2 Raja-Raja 20:2-3

Rencana Tuhan selalu yang terbaik dan sempurna bagi setiap kita, percayalah dan jangan meragukannya. Simaklah Hizkia yang sudah waktunya untuk wafat, dan boleh dibilang telah mencapai garis akhir sedangkan Tuhan melihatnya telah ranum dan siap untuk dituai. Waktunya sudah pas bagi Tuhan. Namun Hizkia mencoba bernegosiasi menurut kehendaknya sendiri. Lebih berani lagi, ia meminta Tuhan mengingat "jasa-jasa" selama hidupnya. Beruntunglah Tuhan bersikap bijaksana dan bersedia menambahkan 15 tahun lagi bagi Hizkia untuk hidup dan menikmati kekuasaannya. Terhadap seorang raja, Tuhan bersikap sebagai Raja.

3 hari setelah dijanjikan sembuh, Tuhan menepati janji-Nya. Tetapi Hizkia lengah karena MERASA LAYAK setelah permohonannya dikabulkan Tuhan. Terhadap utusan raja Babel yang datang untuk berpura-pura memberikan ucapan selamat, ia memamerkan seluruh kekayaan dan kemuliaan kerajaannya yang seakan-akan ada karena jasa-jasanya itu. Nabi Yesaya diutus kembali kepada untuk menegur kesombongan Hizkia, namun dengan licik ia menjawab dalam kepura-puraan, "Sungguh baik firman TUHAN yang engkau ucapkan itu!" Tetapi pikirnya: "Asal ada damai dan keamanan seumur hidupku!" - 2 Raja-Raja 20:19. Di hadapan abdi Allah, Hizkia seakan-akan menerima dengan rela hukuman Tuhan, sebab Yesaya dijawab dengan sangat diplomatis. Namun Tuhan mengetahui isi hatinya. Sejak saat itu, Allah meninggalkan Hizkia, "Demikianlah juga ketika utusan-utusan raja-raja Babel datang kepadanya untuk menanyakan tentang tanda ajaib yang telah terjadi di negeri, ketika itu Allah meninggalkan dia untuk mencobainya, supaya diketahui segala isi hatinya." - 2 Tawarikh 32:21.

Sekarang kita tahu bahwa bangsa Israel yang sempat masuk dalam pembuangan adalah akibat keteledoran Hizkia sebagai raja Yehuda saat itu. Seandainya ia percaya dan menerima rencana Tuhan yang semula dan sempurna itu, tentu sejarah bangsa Israel akan berbeda ceritanya. Kesalahannya yang ke-2 adalah ketika ia meminta berkat perpanjangan umur, ia lupa meminta jaminan untuk tetap bisa menjalani hidup yang diperpanjang itu sesuai dengan kehendak Tuhan yang sempurna. Padahal raja Daud, leluhurnya, pernah bermazmur mengajarkan supaya Tuhan memberikan jaminan, "Jadilah jaminan bagi hamba-Mu untuk kebaikan, janganlah orang-orang yang kurang ajar memeras aku." - Mazmur 119:122. Namun Hizkia telah dibutakan oleh egonya sendiri karena merasa semua adalah jasa-jasanya dan BUKAN karena anugerah Tuhan semata.

Akibat-akibat lain dari kesombongan Hizkia lainnya adalah bahwa takhtanya dilanjutkan oleh dua raja yang berbuat keji dan jahat di mata Tuhan, anak dan cucunya, Manasye - "Manasye berumur dua belas tahun pada waktu ia menjadi raja dan lima puluh lima tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Hefzibah. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, sesuai dengan perbuatan keji bangsa-bangsa yang telah dihalau TUHAN dari depan orang Israel. Ia mendirikan kembali bukit-bukit pengorbanan yang telah dimusnahkan oleh Hizkia, ayahnya; ia membangun mezbah-mezbah untuk Baal, membuat patung Asyera seperti yang dilakukan Ahab, raja Israel, dan sujud menyembah kepada segenap tentara langit dan beribadah kepadanya." - 2 Raja-Raja 21:1-3 dan Amon - "Amon berumur dua puluh dua tahun pada waktu ia menjadi raja dan dua tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Mesulemet binti Harus, dari Yotba. Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN seperti yang telah dilakukan Manasye, ayahnya." - ayat 19-20. Karena kedua raja inilah, janji Tuhan untuk Israel dibuang ke Babel tergenapi.

Sekarang kita telah lebih memahami bahwa hidup di dalam Kristus bukanlah milik kita lagi, namun hidup untuk Kristus dan apapun rencana yang ingin kita lakukan, lakukanlah dalam kehendak-Nya seperti ada tertulis, "Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: 'Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung', sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: 'Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.' Tetapi sekarang kamu memegahkan diri dalam congkakmu, dan semua kemegahan yang demikian adalah salah." - Yakobus 4:13-16.

Dan teruslah senantiasa bergaul dan berkonsultasi dengan Roh-Nya yang kudus, sebab Ia adalah penolong sekaligus jaminan supaya kita mencapai garis akhir dengan kuat. "Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya." - Efesus 1:14.

Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situpun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.