Labels

Tuesday, February 21, 2012

Roh Kudus Dalam Sekilas Perenungan

"Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu." - Yohanes 14:25-26

Apakah Anda seorang yang amat menggemari gadget terbaru saat ini? Dunia komunikasi yang semakin canggih tidak lagi menjadi sederhana, melainkan semakin kompleks. Komunikasi yang dipadukan dengan seni, hiburan dan media dalam satu alat canggih telah diwujudkan dengan berbagai bentuknya seperti iPhone & iPad dari Apple, Blackberry dari RIM, Galaxy Tab dari Samsung dan sebagainya. Begitu pula piranti lunak (software) seperti Windows & MS Office dari Microsoft, Android dari Google dan seterusnya. Pertanyaannya, berapa banyak dari pengguna alat-alat canggih dan piranti-piranti lunak tersebut yang menggunakannya secara maksimal?

Sebagai contoh, pengguna MS Office, berapa persen dari semua penggunanya yang mengetahui secara maksimal semua fitur dan fungsinya? Begitu juga iPhone dan iPad, dari sekian banyak yang menggunakannya, berapa banyak yang hanya menggunakan untuk sekedar telepon, sms, mendengarkan musik, berfoto, menonton video dan yang paling banyak adalah memainkan game. Sedangkan kita ketahui bahwa fungsinya lebih daripada hal-hal tadi. Memang ada banyak buku yang mengupas cukup lengkap untuk mengetahui dan menggunakan iPhone dan iPad dengan lebih maksimal. Kita tinggal mempelajarinya. Namun saya berandai-andai, jika saja almarhum Steve Jobs masih ada dan ia menjadi sahabat saya, maka tentulah iPhone dan iPad yang saya gunakan akan jauh lebih maksimal lagi bahkan daripada yang dikupas di buku-buku itu. Mengapa? Jelas karena beliau adalah pencipta dari iPhone & iPad tersebut, ia memahami seutuhnya untuk apa dan bagaimana benda itu diciptakan.

Hidup kita juga seperti iPhone dan iPad itu, dan Allah Roh Kudus seperti almarhum Steve Jobs itu. Kita bisa hidup lebih baik tanpa Roh Kudus, dengan membaca dan menerapkan buku pengembangan diri, menghadiri berbagai seminar, ikut kegiatan ini dan itu, baik berupa rohani maupun jasmani, konsultasi dengan berbagai ahli dari berbagai bidang, dan seterusnya. Bukankah hal itu yang sedang marak? Seminar cepat kaya, kursus hipnoterapi, yoga dan kundalini. Dan ya, mereka kelihatan lebih sukses, lebih bahagia, lebih menjadi berkat bagi banyak orang. Namun tidak ada satupun yang membawa mereka kepada Allah.

Allah Roh Kudus adalah tokoh sentral dalam kehidupan kita, Beliaulah yang paling memahami diri kita bahkan melebihi pemahaman kita sendiri. Dengan kita bergaul dan mentaati semua petunjuk-Nya, maka hidup kita akan mencapai hal-hal yang bahkan mustahil untuk dipikirkan, namun sangat nyata dan ajaib. Jadi untuk apa kita mencari lagi di luar sana, karena yang terbaik sesungguhnya telah tersedia. Jauh lebih sulit untuk menghubungi para ahli dari Apple untuk mengajarkan kita menggunakan iPhone dan iPad dengan maksimal daripada bergaul dengan Roh Kudus yang sudah ada di dalam kita. Tuhan memberkati.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.