Labels

Tuesday, February 14, 2012

Untung Ada Haman

"Jangan kira, karena engkau di dalam istana raja, hanya engkau yang akan terluput dari antara semua orang Yahudi. Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu." - Peringatan keras Mordekhai kepada Ester, Kitab Ester 4:13-14

Ester baru saja menikmati kedudukannya sebagai ratu Persia yang baru, menggantikan Wasti yang dibuang karena pemberontakannya. Setelah mempelajari berbagai protokoler istana maka diketahuilah bahwa untuk menghadap sang raja haruslah orang tersebut dipanggil dahulu, kemudian setelah menghadap, raja berkenan mengulurkan tongkat emasnya, tongkat perkenanan yang menandakan raja berkenan menyambutnya. Namun jika tongkat tersebut tidak diulurkan maka raja menghendaki orang tersebut mati.

Awalnya Ester takut mati jika menghadap raja tanpa dipanggil sebelumnya, namun karena masalah yang ia hadapi begitu penting, ini adalah kali pertama ia harus menghadap raja TANPA dipanggil sebelumnya. Risiko kehilangan nyawa diambilnya demi memenuhi destiny yang telah Tuhan tetapkan baginya.

Akhir cerita telah kita ketahui bersama bahwa bangsa Israel bukan saja lolos dari usaha genosida Haman, melainkan juga membalikkan keadaan dengan membantai tuntas para pembenci Israel. Haman adalah gambaran dari masalah-masalah yang kita hadapi sehari-hari, baik kecil maupun besar, ia akan selalu ada bagi kita pada Ester yang adalah gambaran Gereja dan Mempelai-Nya. Tanpa kehadiran Haman, maka kedudukan ratu bagi Ester akan menjadi sia-sia dan bangsa Israel tidak akan memperoleh kemenangan, jarahan dan kehormatan yang lebih baik dan lebih mulia lagi daripada sebelumnya. Sedangkan zaman itu, bangsa Israel termasuk sebagai orang-orang buangan.

Jadi, untung ada Haman, masalah yang Tuhan izinkan terjadi untuk kita semua naik level dan menerima berkat lebih lagi sehingga wilayah kita semakin diperluas dan lebih menjadi berkat bagi lebih banyak orang dan bangsa-bangsa. Mengucap syukurlah selalu, karena selalu ada hikmah dari setiap perkara, selalu ada lelucon dalam setiap duka. Berkat yang disalahgunakan dapat menjadi kutuk, sedangkan kutuk yang disikapi dengan hati yang benar dapat menjadi berkat.

Sikapilah setiap Haman-Haman yang datang seperti Ester menyikapi di hadapan raja Ahasyweros. Pelajarilah bagaimana Ester memperoleh perkenanan seutuhnya dari sang raja dan akhirnya membalikkan keadaan yang ada. Semakin besar masalahnya, semakin besar kemuliaan Tuhan yang akan dinyatakan dan semakin besar pula berkat yang akan kita terima. Tuhan memberkati.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.