Labels

Thursday, July 5, 2012

Jurnal SHRK Juli 2012, Hari Ke-3 Vol. 2

"Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: 'Lihat, telah Kutunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda, dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan, untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga; untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan. Juga Aku telah menetapkan di sampingnya Aholiab bin Ahisamakh, dari suku Dan; dalam hati setiap orang ahli telah Kuberikan keahlian. ... " - Keluaran 31:1-6 

Enam bulan ke depan ada begitu banyak hal yang hendak Tuhan percayakan kepada kita pasukan-Nya, dan untuk semua hal itu diperlukan roh keahlian, roh kecakapan dan sebagainya supaya semuanya dapat dikelola sesuai dengan yang Tuhan kehendaki. Namun untuk memperoleh semua hal ini, kita harus memenuhi syarat dan ketentuan sesuai dengan kriteria dari dua orang yang pertama kali menerima roh keahlian dan roh kecakapan tersebut:

Bezaleel bin Uri bin Hur - Bezaleel artinya di bawah bayang-bayang Allah, dengan demikian Tuhan menghendaki supaya semua pasukan-Nya menjaga hati dan dirinya masing-masing untuk tetap di bawah bayang-bayang-Nya dan tidak mengejar maupun mengerjakan sesuatu tanpa ketepatan sesuai dengan kemauan-Nya. Uri artinya api yang menyala-nyala, Tuhan menghendaki apapun yang kita kerjakan dilakukan dengan penuh cinta, bukan dengan kesuaman. Karena semua yang dilakukan karena rutinitas dan kebiasaan semata akan dimuntahkan dan dibuang oleh Tuhan. Bukan hanya pekerjaannya saja, namun pekerjanya pun dibuang. 

Sedangkan Hur artinya lenan putih atau lubang, yang bermakna kerendahan hati, rela turun ke bawah untuk mengerjakan segala sesuatu yang banyak orang tidak mau mengerjakannya. Bagi orang Yahudi, membasuh kaki merupakan pekerjaan yang sangat hina bahkan budak laki-laki pun tidak melakukannya. Namun Yesus melakukan hal itu kepada murid-murid-Nya dan Ia meminta supaya kita tetap saling melakukan sebagai peringatan akan Dia. Namun membasuh kaki yang dimaksud bukanlah ritualnya melainkan kehinaannya yang bagi sebagian besar orang, namun kita kerjakan dengan penuh sukacita. Dan Bezaleel adalah seorang Yehuda, yang artinya pujian.

Jadi kriteria pertama yang Tuhan kehendaki adalah pasukan yang tetap menjaga dirinya di bawah bayang-bayang Allah, bergelora terhadap apapun yang Tuhan sodorkan dan tetap rendah hati dan rela melakukan apapun yang Tuhan mau sehingga mendatangkan pujian bagi-Nya.

Aholiab bin Ahisamakh - Aholiab artinya kemah Bapa, tetaplah menjaga diri kita untuk tinggal dalam kemah kediaman-Nya dan tidak keluar dari kasih karunia sehingga tidak menjadi kecewa dan menolak Dia. Ahisamakh artinya saudaraku mendukung, ini berbicara mengenai kesatuan hati dan saling menopang, BUKAN saling menuding dan mencari-cari kelemahan saudara-saudari kita.

Dengan Hineni, Dengan Unity, Kita Pasti Bisa ... Finish Strong!

1 comment:

  1. hi bro windunatha ...

    thanks buat report shrk edisi juli yang simple dan sangat solid berisi.

    report berikutnya selalu dinanti yah :) be blessed ...

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.