Labels

Tuesday, November 6, 2012

Jurnal SHRK November 2012 - Hari Ke-1

Breaking News!!
Keenam hamba-Nya tadi pagi berkumpul & berdoa bersama di M - Bekasi, dan Tuhan berkata bahwa dalam bulan ini juga Tuhan akan mencurahkan berkat-berkat-Nya kepada anak-anak-Nya di Bahtera Ministry. Kita masih dalam periode 6 bulan kelimpahan hingga Desember 2012 ini, tetaplah bertahan dan percaya!

"Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya." - Yesaya 53:10. Nubuatan tersebut hanya digenapi dengan sempurna oleh Yesus Kristus. Kriteria Kristuslah yang sanggup bukan saja menjadikan kehendak Tuhan terlaksana, melainkan apapun yang dikerjakannya menyenangkan hati-Nya. Ayat ini dalam NKJV berbunyi, "Yet it pleased the LORD to bruise Him; He has put [Him] to grief. When You make His soul an offering for sin, He shall see [His] seed, He shall prolong [His] days, And the pleasure of the LORD shall prosper in His hand." - Isaiah 53:10. Jadi di dalam Kristus, apapun kehendak Tuhan dan apapun yang menyenangkan hati-Nya akan terlaksana dengan begitu limpah di tangannya. Pendek kata, apapun yang disentuh oleh tangan kita akan jadi emas.

Yusuf - Sang Nazir

"Tentang Yusuf ia berkata: 'Kiranya negerinya diberkati oleh TUHAN dengan yang terbaik dari langit, dengan air embun, dan dengan air samudera raya yang ada di bawah; dengan yang terbaik dari yang dihasilkan matahari, dan dengan yang terbaik dari yang ditumbuhkan bulan; dengan yang terutama dari gunung-gunung yang sejak dahulu, dan dengan yang terbaik dari bukit-bukit yang berabad-abad, dan dengan yang terbaik dari bumi serta segala isinya; dengan perkenanan Dia yang diam dalam semak duri. Biarlah itu semuanya turun ke atas kepala Yusuf, ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya. Anak sulung lembu sapinya adalah kegemilangannya dan tanduk-tanduknya seperti tanduk-tanduk lembu hutan; dengan itu ia akan menanduk bangsa-bangsa, seluruh bumi, dari ujung ke ujung. Itulah orang Efraim yang puluhan ribu, dan itulah orang Manasye yang ribuan.'" - Ulangan 33:13-17

"Berkat ayahmu melebihi berkat gunung-gunung yang sejak dahulu, yakni yang paling sedap di bukit-bukit yang berabad-abad; semuanya itu akan turun ke atas kepala Yusuf, ke atas batu kepala orang yang teristimewa di antara saudara-saudaranya." - Kejadian 49:26

Tuhan memberkati (suku) Yusuf melalui melalui Musa dengan segala yang terbaik karena Yusuf adalah pribadi yang teristimewa, sama seperti yang pernah disampaikan oleh ayahnya, Yakub. Sebutan "yang teristimewa" dalam bahasa Ibrani disebut Nazir yang artinya adalah seseorang yang mengenakan mahkota di atas kepalanya dan memiliki kuasa atau otoritas rajani (royal power). Namun selain itu, kata Nazir juga memiliki arti lain, simak dua ayat berikut ini:

5 - "Dan apa yang tumbuh sendiri dari penuaianmu itu, janganlah kautuai dan buah anggur dari pokok anggurmu yang tidak dirantingi, janganlah kaupetik. Tahun itu harus menjadi tahun perhentian penuh bagi tanah itu."

11 - "Tahun yang kelima puluh itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, jangan kamu menabur, dan apa yang tumbuh sendiri dalam tahun itu jangan kamu tuai, dan pokok anggur yang tidak dirantingi jangan kamu petik buahnya." - Imamat 25

Ada sebuah peraturan yang mengatakan bahwa pada tiap tahun Sabat maupun tiap tahun Yobel, pemilik kebun buah-buahan boleh memetik hasil kebun secukupnya, hanya untuk kebutuhan makan sekeluarganya. Hasil kebun tersebut tidak boleh diambil lebih untuk dijual atau diperdagangkan seperti tahun-tahun yang biasanya karena memang dikhususkan untuk menjadi berkat terutama bagi kaum miskin. Kata "jangan dipetik" atau lebih tepat lagi "tidak dipetik untuk dikhususkan" bagi kaum miskin menggunakan kata Ibrani yang sama, Nazir.

Jadi kriteria di dalam Kristus sebagai "yang teristimewa" artinya memiliki kuasa atau otoritas rajani untuk menjadi berkat bagi kaum miskin. Lagi pula, Yusuf adalah seperti pohon buah-buahan yang muda, pohon buah-buahan yang muda pada mata air. Dahan-dahannya naik mengatasi tembok (Kejadian 49:22). Yang teristimewa karena ia dengan sengaja mengorbankan dirinya untuk menjadi berkat bagi orang lain sama seperti Kristus yang menanggung kutuk supaya dunia diselamatkan.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.