Labels

Tuesday, September 10, 2019

Siapa Sesungguhnya Mesias-Mesias Palsu Itu?

"Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias (Christos) ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.

"Sebab mesias-mesias palsu (pseudochristos) dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

"Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu." - Matius 24:23-25

Dari penggalan perkataan-Nya, yang pertama Tuhan Yesus peringatkan adalah adanya orang-orang yang akan menipu jemaat dengan menjanjikan pertemuan secara fisik dengan Tuhan Yesus, janganlah kita percaya.

Namun berikutnya Tuhan Yesus mengatakan bahwa akan muncul mesias-mesias palsu, siapakah mereka ini?

Memang ada orang-orang tertentu yang penampilan atau fisiknya mirip atau dianggap mirip dengan citra Tuhan Yesus, lalu mengakui dirinya sendiri sebagai Tuhan Yesus, ini jelas mudah diketahui palsunya.

Namun mesias-mesias palsu bukan hanya itu. Pengkotbah-pengkotbah, pendeta-pendeta, maupun mereka yang mengaku hamba-hamba Tuhan, namun ketika menyikapi koreksi maupun kritikan membela diri dengan dalih "jangan menyentuh yang diurapi" sesungguhnya sedang mendeklarasikan diri mereka sebagai mesias-mesias palsu.

Disebut palsu karena:

1. Mereka membela diri untuk melindungi ego dan pride mereka sendiri.

2. Sikap mereka bertentangan dengan Sang Mesias yang memberi Diri-Nya, kontra dengan permintaan mereka yang meminta "tidak disentuh".

Jadi sesungguhnya mereka adalah pengkotbah-pengkotbah yang selama ini kita tahu nama-nama besar mereka, tetap melakukan berbagai mujizat dan tanda-tanda dahsyat, karena mereka memang ada atau pernah diurapi, tapi karakter mereka tidak mencerminkan karakter Kristus. 

Sadarkah Anda, ketika mereka berdalih untuk kita "tidak menyentuh" mereka, sesungguhnya mereka lakukan itu demi diri mereka sendiri ketimbang demi Anda sebagai jemaat?

Sebab spirit ungkapan "tidak menyentuh" yang mereka sampaikan itu memang bertentangan dengan Roh Kristus, yang satu mengambil keuntungan sendiri (LUST), yang lainnya memberi Diri-Nya (LOVE).

Mesias-mesias palsu akan muncul lebih banyak lagi, dan munculnya dari dalam kalangan Gereja. 

Waspadalah!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.