Labels

Thursday, September 8, 2011

Dan Inipun Akan Berlalu

"Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya."
- Pengkotbah 3:1 -
Raja Salomo atau juga dikenal dengan Raja Sulaiman, adalah seorg raja yang terkenal dengan segala hikmat dan kebijaksanaannya. Suatu ketika sang raja meminta tukang emasnya untuk membuatkan sebuah cincin dan menuliskan sesuatu pada cincinnya. Raja berpesan, "Tuliskanlah sesuatu yang bisa kamu simpulkan dari seluruh pengalaman dan perjalanan hidupmu, supaya itu bisa menjadi pelajaran yang berharga untuk hidupku".

Berbulan-bulan tukang emas yang tua itu membuat cincinnya. Tapi yang tersulit adalah menuliskan "apa yang berharga" untuk diukirkan di cincin emas yang kecil itu. Setelah berdoa dan berpuasa, tukang emas itu pun menyerahkan cincinnya pada sang raja. Dengan tersenyum, sang raja membaca tulisan kecil di cincin itu. Tulisan itu berbunyi: DAN INIPUN AKAN BERLALU.

Awalnya sang raja tidak terlalu paham dengan apa yang tertulis di cincin tersebut. Tetapi suatu ketika, tatkala ia tengah menghadapi persoalan kerajaan yang pelik, ia membaca tulisan di cincinnya: "DAN INIPUN AKAN BERLALU". Ia pun menjadi lebih tenang. Demikian juga tatkala ia tengah bergembira karena kebijakannya dalam menyelesaikan persoalan kerajaan yang pelik, ia pun tak sengaja membaca tulisan di cincin itu dan ia pun menjadi rendah hati kembali. Ketika kita tengah menghadapi masalah besar atau sedang bergembira atas pencapaian yang berhasil kita raih, ingatlah: "DAN INIPUN AKAN BERLALU".

Kalau direnungkan dengan bijak sebenarnya kalimat itu akan mengantarkan diri kita pada suatu keseimbangan hidup. Tidak ada yang abadi di dalam hidup ini. Karena itu, mengucap syukurlah (selalu) atas semua yang boleh kita alami karena semuanya akan berlalu (pada waktunya).
Aku melihat bahwa tidak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada bergembira dalam pekerjaannya, sebab itu adalah bahagiannya. Karena siapa akan memperlihatkan kepadanya apa yang akan terjadi sesudah dia?

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.