Labels

Tuesday, December 4, 2012

Jurnal SHRK December 2012 - Hari Ke-1

Kita telah ada di bulan terakhir dari tahun 2012 yang luar biasa ini. Jika kita mengingat kembali ke awal tahun hingga sekarang ini, apa saja yang terlintas di pikiran kita? Apa saja yang telah kita lalui? Apa yang bisa kita perhadapkan ke Tuhan dengan sujud syukur untuk sepanjang tahun ini? Apa warna yang telah kita torehkan pada perjalanan hidup kita untuk satu tahun terakhir ini? Jika kita masih gagal, adakah kita belajar dari kegagalan itu? 

Sekarang masih ada hampir sebulan lagi sebelum kita memasuki tahun 2013 nanti. Harapan tetap masih ada selama kita tetap percaya bahwa apa yang akan Tuhan berikan sesuai dengan yang dijanjikan-Nya. Namun bangsa Israel sejak keluar dari tanah Mesir tidak ada satu pun yang masuk ke Tanah Perjanjian selain dari pihak Yosua dan Kaleb. 

Pada awalnya, bangsa Israel hidup di tanah Gosyen, sebuah tempat yang subur BUKAN padang pasir. Jadi sesungguhnya mereka tidak dirancang untuk menjalani kehidupan sepanjang puluhan tahun di padang gurun dan Tuhan memahami hal itu, tetapi mengapa Tuhan tetap membawa mereka ke sana? Bahkan selama perjalanan panjang di padang gurun, bangsa Israel tidak pernah belajar, melainkan semakin tegar tengkuk dan memperbanyak sungut-sungut mereka hingga Tuhan terus dipojokkan dan menjadi murka. Namun bagaimana kita pun tidak menjadi seperti mereka jika kita pun harus mengalami pengalaman seperti itu?

Tidak perlu kita bahas soal cara hidup dan situasi kehidupan mereka di padang gurun secara keseluruhan. Mari kita bicara soal makanan saja. Tiap hari, selama 3 kali sehari mereka hanya makan roti Manna selama 40 tahun. Sedangkan mereka tidak pernah memilih untuk menikmati Manna tersebut, Tuhan yang memilihkan untuk mereka. Sekarang coba masing-masing kita memilih menu kesukaan kita sendiri, untuk kita nikmati 3 kali sehari, setiap hari selama 40 tahun, siapa di antara kita yang tidak bersungut-sungut sepatah kata pun?  Dan jika Tuhan memahami keadaan ini, lalu mengapa Tuhan seperti kelihatan sangat jahat mengajak bangsa Israel kepada situasi yang sedemikian rupa beratnya dan panjangnya sehingga mereka bersungut-sungut.

Rancangan & Destiny Bangsa Israel

Perhatikan apa yang sudah Tuhan rancang dan rencanakan bagi bangsa Israel sejak awal: "Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun, tepat pada hari itu juga, keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir." - Keluaran 12:41. Jadi mereka bukanlah segerombolan budak di mata Tuhan, melainkan segerombolan pasukan yang memiliki panggilan untuk berperang. Namun mereka tidak pernah memenuhi panggilan berperang tersebut. Dalam kemahatahuan-Nya, inilah pertimbangan Tuhan: "Setelah Firaun membiarkan bangsa itu pergi, Allah tidak menuntun mereka melalui jalan ke negeri orang Filistin, walaupun jalan ini yang paling dekat; sebab firman Allah: 'Jangan-jangan bangsa itu menyesal, apabila mereka menghadapi peperangan, sehingga mereka kembali ke Mesir.'" - Keluaran 13:17.

Idealisme-Nya adalah membawa bangsa Israel keluar, lalu "transit" sebentar di tanah orang Filistin, baru kemudian masuk ke Tanah Kanaan. Dan semuanya dapat ditempuh dalam hitungan hari atau minggu juga penuh dengan suka cita. Tanah orang Filistin itu tanah yang amat subur, sebab di sanalah Ishak menabur dan menuai 100 kali ganda sedangkan Tanah Kanaan lebih baik lagi. Belum lagi adanya jarahan yang sudah dibawa dari tanah Mesir berupa emas dan berbagai benda berharga lainnya yang tak terhitung jumlahnya. Jika dilakukan dengan taat dan tepat, mungkin hanya dalam dua hingga tiga tahun, bangsa Israel akan menjadi penguasa dunia yang sedemikian rupa berkuasanya.

Namun bangsa Israel tidak memenuhi kewajiban panggilannya. Mereka tidak berpikir dan bertindak sebagai pasukan Tuhan sebagaimana Tuhan memperlakukan mereka. Dan dengan sangat terpaksa Tuhan menemani mereka di padang gurun sampai mereka mampu secara mental menerima warisan yang sudah dijanjikan itu. Pesan firman kali ini hendak berkata bahwa apa yang Tuhan rancangkan, rencanakan, dan janjikan bagi kita itu tetap masih ada. Tanah Perjanjian tetap masih ada di tempatnya sekalipun kita bahkan harus mati di padang gurun. Namun maukah kita mulai peduli dengan apa yang Tuhan inginkan dalam panggilan yang sudah Tuhan tetapkan bagi masing-masing kita? Bahkan sekalipun kita kelihatan mustahil, namun kita percaya bahwa Tuhan memiliki begitu banyak keajaiban asalkan kita tidak menjadi lemah.

Teruslah Berharap, Tetaplah Beriman

"'Akulah TUHAN. Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, ... tetapi Aku sudah mendengar juga erang orang Israel yang telah diperbudak oleh orang Mesir, dan Aku ingat kepada perjanjian-Ku. Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, ... Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, ... Dan Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah TUHAN.' Lalu Musa mengatakan demikian kepada orang Israel, tetapi mereka tidak mendengarkan Musa karena mereka putus asa dan karena perbudakan yang berat itu." - Keluaran 6:1-8.

Perbudakan dan luka batin karena perbudakan telah membutakan mata hati bangsa Israel dan mereka tidak bisa mendengarkan berita pesan suka cita itu. Bahkan ketika Tuhan membuktikan kemahakuasaan-Nya terhadap Firaun dan rakyat Mesir, bangsa Israel tetap buta dan tuli karena asa mereka sudah putus total.

Apa yang sudah kita usahakan sepanjang 2012 ini? Dalam keuangan, kesehatan, pekerjaan, pelayanan, keluarga, rumah tangga, dan sebagainya. Dan kita masih belum melihat keberhasilan dalam bidang yang kita harapkan. Namun cobalah melihat aspek lain yang sampai saat ini masih terpelihara dengan begitu baik. Sebagai contoh, ada seorang pria yang kesehatannya terganggu selama beberapa waktu dan sudah mencoba dengan berbagai cara untuk sembuh, namun kesembuhan tak kunjung ada. Sedangkan secara keuangan ia tetap makin berlimpah, istri, anak-anak dan keluarganya terpelihara dengan amat baik, bahkan ia masih bisa jadi berkat bagi banyak orang lainnya. Pantaskah pria tersebut berkata, "Tuhan jahat" hanya karena kesehatannya yang masih belum sembuh total? Padahal ada didikan Tuhan yang hendaknya ia terima dan akan ia pahami maksudnya pada waktunya. 

Namun jika pria tersebut malah menjadi lemah dan dengan sengaja tidak menjaga hatinya sehingga harapannya ikut tergerus sejalan dengan pemikirannya sendiri, maka bahkan apa yang masih baik dari padanya pun dapat terhilang. Bahkan ketika berkat mulai datang kepada hidupnya, ia tidak mampu meraih apa yang sudah ada di tangannya. Lepas karena berhenti berharap.

Sebab bukan kepada panahku aku percaya, dan pedangkupun tidak memberi aku kemenangan, tetapi Tuhanlah yang memberi kami kemenangan terhadap para lawan kami, dan orang-orang yang membenci kami Kauberi malu.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.