Labels

Saturday, March 30, 2013

Lilith: "Hawa" Yang Pertama

"Di sana berpapasan binatang gurun dengan anjing hutan, dan jin bertemu dengan temannya; hantu malam saja ada di sana dan mendapat tempat perhentian." - Yesaya 34:14

"Wildcats and hyenas will hunt together, demons and devils dance through the night. The night-demon Lilith, evil and rapacious, will establish permanent quarters." - Isaiah 34:14 (The Message Version)

"The wild beasts of the desert shall also meet with the jackals, And the wild goat shall bleat to its companion; Also the night creature shall rest there, And find for herself a place of rest." - Isaiah 34:14 (NKJV)

"And the wild beasts of the desert will meet here with howling creatures [wolves and hyenas] and the [shaggy] wild goat will call to his fellow; the night monster will settle there and find a place of rest." - Isaiah 34:14 (Amplified Bible)

".וּפָגְשׁוּ צִיִּים אֶת-אִיִּים, וְשָׂעִיר עַל-רֵעֵהוּ יִקְרָא; אַךְ-שָׁם הִרְגִּיעָה לִּילִית, וּמָצְאָה לָהּ מָנוֹחַ" - Isaiah 34:14 (Hebrew). Bahasa Ibrani dibaca dari kanan ke kiri.


Lilith / Easter / Ishtar / Asytoret / Izebel Yang Juga Diasosiasikan Dengan Wujud Burung Hantu

Lilith adalah sebuah legenda Yahudi dan juga merupakan mitos okultisme yang sudah sangat lama. Dalam bahasa Ibrani, secara harafiah diartikan sebagai burung hantu (screech owl). Menariknya adalah baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, Lilith diartikan sebagai hantu, makhluk ciptaan bahkan monster yang bergerak aktif di malam hari, sama seperti burung hantu yang aktif di malam hari. Kita harus bisa membedakan antara hantu (ghost) dengan setan (demon). Hantu adalah sosok yang asalnya adalah manusia yang kemudian berpindah dimensi ke alam roh baik karena kematian maupun karena akibat lainnya. Sedangkan setan memang adalah roh jahat sejak awalnya. Jadi Lilith ini bukan saja setan (demon), melainkan juga hantu (ghost) yang pernah hidup sebagai manusia. Dan ia awalnya adalah seorang perempuan (female).

Selanjutnya legenda Yahudi mengatakan bahwa Lilith awalnya adalah perempuan pertama yang sama-sama diciptakan dengan Adam sebelum Tuhan menciptakan Hawa. Walaupun hanya dianggap sebuah legenda, bukan berarti Alkitab tidak mencatat dan membuktikan akan fakta ini. Berikut kita simak firman Elohim sendiri yang menjelaskan:

"Berfirmanlah Elohim: 'Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar.' Dan jadilah demikian. Elohim menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Berfirmanlah Elohim: 'Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.' Maka Elohim menciptakan (bara' - Ibrani) manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Elohim diciptakan-Nya dia; laki-laki (male) dan perempuan (female) diciptakan-Nya mereka. Elohim memberkati mereka, lalu Elohim berfirman kepada mereka: 'Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.' Berfirmanlah Elohim: 'Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.' Dan jadilah demikian. Maka Elohim melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam." - Kejadian 1:24-31

Pertama kali Alkitab menyinggung soal manusia, pada saat penciptaannya TIDAK disebutkan sebagai laki-laki (man) dan perempuan (woman), melainkan jantan / maskulin (male) dan betina / feminim (female). Dan saat itu Tuhan BELUM menghembuskan nafas kehidupan-Nya. Karena baru pada Kejadian 2:7 dikatakan, "Ketika itulah TUHAN Elohim membentuk manusia (man) itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia (man) itu menjadi makhluk yang hidup." Perhatikan! Yang diciptakan pertama kali itu bukan hanya laki-laki (jantan) saja, namun juga ada perempuannya (betina) karena Tuhan memberikan mandat untuk beranak cucu dan bertambah banyak, jadi tidak mungkin jika hanya laki-lakinya saja yang diciptakan. Namun ketika Tuhan menghembuskan nafas kehidupan-Nya, yang ada hanyalah manusia (man) tunggal saja, tidak ada female apalagi woman.

Pada proses enam hari penciptaan yang pertama, semua terjadi karena Elohim berfirman. Dan setelah hari ke-7, Elohim membuat taman Eden, namun BUKAN dengan berfirman, melainkan dengan menanam, "Selanjutnya TUHAN Elohim membuat (planted) taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia (man) yang dibentuk-Nya itu." - ayat 8. Kata "selanjutnya" mengacu kepada kejadian setelah proses enam hari penciptaan. Dan yang dibawa masuk ke dalam taman Eden hanyalah manusia laki-laki, karena nantinya Hawa baru diciptakan DI DALAM taman Eden tersebut. Jadi sampai di sini, hanya ada seorang manusia di dalam taman Eden. Sedangkan pada penciptaan manusia pertama kali di hari yang ke-6, taman Eden belum ada. Lalu, apa atau siapa perempuan (female) yang diciptakan sebelum adanya taman Eden itu?

Pembuktian Di Dalam Taman Eden

Ketika Tuhan melihat bahwa tidak baik manusia (man) sendirian, Tuhan hendak menciptakan partner baginya di dalam taman itu:

"TUHAN Elohim berfirman: 'Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.' Lalu TUHAN Elohim membentuk dari tanah segala binatang hutan dan segala burung di udara. Dibawa-Nyalah semuanya kepada manusia itu untuk melihat, bagaimana ia menamainya; dan seperti nama yang diberikan manusia itu kepada tiap-tiap makhluk yang hidup, demikianlah nanti nama makhluk itu. Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia. Lalu TUHAN Elohim membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Elohim mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Elohim dari manusia itu, dibangun-Nyalah (rebuild / banah) seorang perempuan (woman), lalu dibawa-Nya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: '(Kali) inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan (woman), sebab ia diambil dari laki-laki (man).'" - Kejadian 2:18-23.

Dari Kejadian pasal 1 dan 2 berkenaan dengan sejarah awal manusia, ada beberapa poin penting yang perlu kita perhatikan:

1. Pada hari keenam penciptaan, Elohim mengawali dengan menciptakan hewan darat, termasuk ternak dan binatang buas, kemudian barulah diciptakan laki-laki (male) dan perempuan (female). Hewan darat dan manusia diciptakan "sepaket" pada hari yang sama, sedangkan hewan laut dan jenis unggas diciptakan di hari ke-5. Dan sudah ada mandat bagi manusia untuk beranak cucu dan bertambah banyak untuk memenuhi bumi.

2. Pada penciptaan manusia di hari ke-6, digunakan kata "bara'", artinya menciptakan dari sesuatu yang belum ada menjadi ada.

3. Setelah genap tujuh hari dan sebelum pembuatan taman Eden, yang ada hanya seorang manusia (man), yang akhirnya dianggap Tuhan tidak baik jika sendirian, sehingga diciptakan seorang penolong perempuan (woman). Namun sebelum itu penolong itu diciptakan, hewan-hewan darat bahkan burung-burung diciptakan lagi. Jadi peristiwa ini hendak menegaskan bahwa "paket" yang ada di penciptaan di hari ke-6, dibuat ulang di dalam taman Eden.

4. Pada saat perempuan (woman) diciptakan dari tulang rusuk manusia (man), tidak lagi digunakan kata "bara'", melainkan kata "banah" yang artinya dibangun ulang atau diciptakan ulang (remake or rebuild). Bahkan sejak hari ke-7, Tuhan tidak lagi menciptakan, "Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan (bara') yang telah dibuat-Nya itu." - Kejadian 2:3. Itu sebabnya di dalam Taman Eden, Tuhan Elohim membentuk (yatsar) segala binatang hutan dan segala burung di udara, dan membangun (banah) Hawa. Ia tidak lagi menciptakan (bara')

5. Respon Adam pun menegaskan penciptaan ulang tersebut. Bahasa Indonesia menyebut kurang lengkap karena hanya ditulis, "Inilah dia, ..." Sedangkan baik dalam bahasa Ibrani maupun bahasa Inggris ditulis, "This is now bone of my bones ..." (NKJV) atau dalam The Message Bible disebut, "Finally! Bone of my bones, ..." Jadi baik kata "now" maupun kata "finally" menggambarkan bahwa sebelumnya Adam pernah melihat sosok yang serupa, namun ia menganggap perempuan (female) yang sebelumnya tidak cocok karena memang yang sebelumnya tidak diciptakan dari tulang rusuknya Adam.

6. Mandat Tuhan kepada manusia untuk beranakcucu dan bertambah banyak hanya diucapkan dua kali dalam sejarah, yakni pada saat penciptaan hari ke-6 dan kepada Nuh serta anak-anaknya setelah air bah surut. Namun firman-Nya berkata, "Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging." - Kejadian 2:24, hal ini hanya terjadi ketika perempuan diciptakan dari tulang rusuk Adam, TANPA diambil dari tulang rusuk Adam, tidak mungkin ada frase "keduanya menjadi satu daging." Mengenai hal ini akan dibahas lebih rinci pada kesempatan lain, jika Tuhan menghendaki.

7. Kemungkinan besar Hawa tidak pernah mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan Elohim, tidak seperti Adam. Hal ini dapat dibuktikan, yakni Hawa salah menjawab ketika ular mengajaknya bicara (Kejadian 3:1-3) artinya larangan untuk dimakan buah Pohon Pengetahuan tidak Hawa terima langsung dari Tuhan Elohim. Bukti yang kedua, ini agak sedikit rumit, simak sosok para Serafim dalam Yesaya 6. Dikatakan bahwa para Serafim berdiri di sebelah atas-Nya, masing-masing mempunyai enam sayap; dua sayap dipakai untuk menutupi muka mereka, dua sayap dipakai untuk menutupi kaki mereka dan dua sayap dipakai untuk melayang-layang (ayat 2). Serafim itu seperti pasukan pembuka jalan (voorijder) bagi Tuhan Elohim. Namun dalam bahasa Ibrani, Serafim adalah ular berapi / berbisa (yang dapat melayang-layang). Kemungkinan besar Iblis mengambil rupa seperti Serafim dan Hawa berpikir Tuhan Elohim ada di sekitarnya. Fisik ular pada saat itu tidak sama dengan ular pada saat sekarang yang sudah tidak mempunyai tangan dan kaki. Yang perlu diperhatikan adalah jika Hawa memang diciptakan pada hari ke-6, tentu ia sudah menerima petunjuk langsung dari Tuhan Elohim mengenai larangan makan buah Pohon Pengetahuan dan bahkan sudah bertemu dengan ular pada saat Adam menamai semua binatang.

Jati Diri Lilith & Simbol Burung Hantu

Jadi besar kemungkinan bahwa perempuan (female)  yang diciptakan Tuhan Elohim di hari ke-6 adalah Lilith, yang diciptakan TIDAK dari tulang rusuk Adam, melainkan sebuah ciptaan yang "berdiri sendiri". Karena Lilith tidak dari tulang rusuk Adam, maka ia memiliki kecenderungan untuk mendominasi (Adam), yang akhir berujung pada pecahnya kesatuan laki-laki dan perempuan pada awalnya. 

Karakter Lilith ini termanifestasi dalam berbagai bentuk, nama dan versi di dalam Alkitab dan di seluruh dunia, yakni Semiramis (ibu sekaligus istri dari Nimrod), Asytoret (dewi orang Sidon) yang juga disebut Easter atau Ishtar (dewi orang Eropa Utara kuno dan Babilonia), Athena (dewi kebijaksanaan Yunani), bahkan ada versi manusianya yang dinikahi oleh raja Ahab, yakni Izebel (anak raja Sidon - 1 Raja-Raja 16:31) dan versi rohnya yang bercokol kuat dalam Jemaat Tiatira (Roman Catholic) - Wahyu 2:20. Jadi Lilith adalah gambaran wanita atau mempelai yang murtad dan ikut memberontak bersama Iblis, yang tidak mau tunduk kepada tudung atau otoritas di atasnya dan merasa mampu mengandalkan kekuatannya sendiri bahkan ingin mendominasi atau berkuasa, seperti Iblis juga ingin berkuasa lebih tinggi daripada JEHOVAH Elohim.

Wujud burung hantu sendiri memiliki makna yang tidak dapat dianggap remeh. Burung hantu merupakan makhluk malam (nocturnal), yang mampu melihat jelas dalam kegelapan malam. Prinsip "melihat jelas dalam kegelapan" adalah prinsip yang sama dengan Illuminati, yakni pencerahan yang digambarkan dengan all seeing eye.

Perhatikan bentuk burung hantu dalam komplek pemerintahan pusat di Amerika Serikat, yang memang sejak awalnya didirikan dengan nilai-nilai Illuminati dan Freemason:




Bohemian Grove Club

Bohemian Grove Club merupakan klub super elite yang berlokasi di 20601 Bohemian Avenue, in Monte Rio, California. Semua anggota dan tamunya adalah laki-laki yan terdiri dari para artis, termasuk musisi, berbagai pengusaha besar dunia, pejabat pemerintah (termasuk Presiden Amerika Serikat), para eksekutif senior di gunung media, dan para penguasa lainnya. 


Logo Resmi dari Bohemian Club

Setiap musim panas, para elite berkumpul untuk mengadakan pesta dan berbagai acara lainnya, mereka menganut prinsip "Weaving Spides Come Not Here" (Laba-Lama Penenun Tidak Diundang Di Sini), artinya anggota klub ini hanya datang untuk bersenang-senang, kekhawatiran luar dan transaksi bisnis harus ditinggalkan di luar. Ketika berkumpul dalam kelompok-kelompok, Bohemians biasanya mematuhi perintah itu, meskipun pembahasan bisnis sering terjadi antara pasangan anggota.

Yang menarik adalah, ketika mereka berkumpul setiap tahun diadakan sebuah upacara yang mengerikan di depan sebuah altar yang di atasnya terdapat patung burung hantu berukuran sangat besar:





Dominasi Lilith, atau lebih dikenal sebagai roh Izebel sungguh menyatu dengan agenda Iblis dalam berbagai aspek kehidupan yang sudah sangat lama terjadi berabad-abad lamanya. Hal ini seharusnya menjadikan kita semakin waspada dan berjaga-jaga terhadap pola hidup dunia ini. Firman Tuhan memperingatkan, "Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna." - Roma 12:1-2. Tanpa mempersembahkan tubuh atau memikul salib dan menyangkal kedagingan kita secara terus menerus dan setiap hari, jiwa kita akan begitu mudah didominasi oleh semua godaan kenikmatan yang ditawarkan oleh dunia.

Perhatikan cara hidup kita, dalam berpakaian, menggunakan gadget, belanja, menikmati hiburan, memilih tayangan dan tontonan terutama televisi dan sebagainya. Semua yang kita kita baik, sesungguh sudah banyak jerat Iblis di dalamnya. Itulah sebabnya firman mengajarkan bahwa apapun yang hendak kita rencakan dan perbuat, hendaknya selaras dengan kehendak-Nya yang sempurna.

"Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: 'Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung', sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. Sebenarnya kamu harus berkata: 'Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.' Tetapi sekarang kamu memegahkan diri dalam congkakmu, dan semua kemegahan yang demikian adalah salah. Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa." - Yakobus 4:13-17

Waspada Dan Semakin Berjaga-Jagalah Sebab Hari-Hari Jahat Akan Terus Semakin Menyatakan Dirinya Menjelang Hari TUHAN Dan Kedatangan Anak Manusia Yang Kedua Kalinya

34 comments:

  1. ka ketika aku share ini ke facebook temen ku ada yang nanya

    "Hantu adalah sosok yang asalnya adalah manusia yang kemudian berpindah dimensi ke alam roh baik karena kematian maupun karena akibat lainnya. "

    -> Boleh tahu bro percaya, ketika manusia meninggal, mereka ada yang menjadi hantu? Maksunya, hantu itu dulunya manusia?

    Boleh tahu juga, apa Kitab Kejadian 1 itu beralur maju sampai Kejadian 2? Artinya Kejadian 2 itu bukan bagian dari Kejadian 1?
    Trims
    TYM

    ini jawabanku

    Gini bro according to my opinion, bhw ketika seseorang mati sebelum waktu nya..misalnya umurnya ditetapkan umur 80 tahun lalu dia meninggal d umur 30 tahun krn bunuh diri misalnya.. maka dia akan tetap berada di dunia sebagai hantu BUKAN jd kuntilanak atau pocong lho ya..tp rohnya akan tetap berada di dunia sampe umur yang di tetapkan baru dia akan masuk ke alam maut,,

    Nah masalah kejadian, itu bukan berarti ada 2 penciptaan, kejadian 2 ayat 1-7 merupakan rangkuman dari hari ke 6..namun taman eden belum ada saat itu taman eden ada setelah hari ketujuh disinilah hawa di bentuk..

    gmn ka?bener atau salah jawabanku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shalom Bro Jaya,

      Thanks untuk responnya. Pertama saya mohon maaf ada kesalahan yang saya tulis karena saya baru menyadari setelah membaca komen Anda, yakni Lilith sesungguhnya adalah demon yang sangat tinggi tingkatannya, bukan saja ghost. Karena dari yang saya tahu dan saya yakini, ia telah menjual bahkan menyatu dengan Iblis. Namun tetap awalnya adalah manusia yang diciptakan sama dengan Adam. Hanya saja, Lilith tidak dibentuk dengan tulang rusuk Adam, itu sebabnya ia tidak disebut perempuan (woman) yang sesungguhnya, melainkan hanya female.

      Rincian kapan dan bagaimana Lilith menyatu dengan Iblis, memang tidak ada datanya, sebab saat itu Adam belum jatuh ke dalam dosa, bahkan perintah untuk tidak memakan buah Pohon Pengetahuan pun juga belum ada.

      Mengenai alur kisah Kejadian pasal 1 & 2, sampai saat ini saya anggap benar karena memang Hawa diciptakan DI DALAM taman Eden.

      Inti tulisan ini dibuat adalah untuk menyadarkan kita semua sebagai orang percaya untuk semakin waspada dan berjaga-jaga karena lawan kita sungguh-sungguh serius dan nyata. Supaya kita tidak terlena dengan Great Deception yang semakin menuju puncaknya. Bukan untuk memperdebatkan apakah Hawa atau Lilith yang menjadi istri dari Adam. Sebab jika karena tulisan ini, kita menjadi berdebat seperti itu, maka kita sudah missed the point.

      Lilith / Semiramis / Easter / Ishtar / Asytoret / Athena dan nama-nama lainnya adalah bagian dari strategi Iblis yang penuh muslihat dan amat manipulatif. Kita harus mengenalinya bahkan menelanjangi perbuatan-perbuatannya.

      Saya harap respon saya menjawab pertanyaan Anda. Thanks.

      Jehovah Elohim bless you

      Delete
  2. Ah! Sekarang saya tahu, siapa Lilith... Mungkinkah dia dikenal dengan banyak nama... Mungkinkah dia yang sekarang menguasai dunia bawah air... Lilith pasti bersekutu dengan Lucifer, mungkin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shalom Bro,

      Saya bingung yang mau kamu tanyakan apa. Koq bilang pasti, tapi masih nanya mungkin? Please make up your mind, pasti or mungkin. Hahaha ...

      Delete
    2. Ya ya ya, I need to make up my mind... hehehe, Enggak, mungkin gak sih Lilith itu juga yang dikenal sebagai Nyi Roro Kidul atau penguasa dunia bawah (air)...

      Delete
  3. Kok legenda yahudi dibuktikan dengan Firman Tuhan siih? #gemes. Biarlah legenda tetap menjadi cerita rakyat dan Firman Tuhan tetap menjadi kebenaran..
    Eh tapi saya suka dengan tulisan mengenai Boheiman Grovenya. Menambah pengetahuan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shalom Bro / Sis Bekti,

      Iya juga yah, jadi terbalik, hehehe ... Thanks untuk koreksinya.
      Jehovah Elohim bless you

      Delete
  4. Syalom Bro,

    Folklore Yahudi amat beragam dan penuh fantasi. Talmud itu seperti hutan yg mudah menyesatkan siapa yang memasukinya. Berbagai masalah teologis akan dihadapi apabila mempercayainya.

    1. Kej 1:28. Allah memberkati mereka. siapa mereka, berdasarkan legenda ini berarti ADam dan Lilith. Itu berarti Tuhan sudah gagal dari pertama kali memberkati pernikahan.
    2. Jika Lilith kemudian jadi setan, itu berarti manusia bisa jadi setan. Ini masalah teologis yang pelik sekali.
    3. Kisah Alkitab sering disusun seperti cerita berbingkai. Kej 1:1 menceritakan penciptaan dunia dalam satu kalimat. ayat-ayat selanjutnya menjabarkan penciptaan itu dari hari ke hari. Ini penyajian sastra yang umum. tidak berarti alam semesta diciptakan dua kali. Kej 2 menjabarkan Kej 1:26-28, tidak berarti ada dua kali penicptaan manusia.
    4. Bahasa Ibrani memiliki banyak sinonim, dan sama seprti bahasa lainnya, seklipun nuansa berbeda tidak berarti entitas berbeda. Apa bedanya woman dengan female? apa bedanya man dengan male? Kejadian 1 & 2 menggunakan istilah man baik sebagai 1 manusia Adam maupun sebagai manusia secara umum termasuk kedua gendernya.

    Semoga bermanfaat.

    Stephanus Karnadhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syalom Bro Stephanus Karnadhi,

      Ya saya menyadari bahwa folklore Yahudi dan Talmud nyatidak semurni Alkitab, namun tidak bisa dikatakan salah total, dan kedua butuh pemahaman yang amat mendalam, bahkan perlu pergaulan dengan Firman itu sendiri.

      1. Tuhan tidak pernah gagal, itu mutlak. Namun manusia punya kehendak bebas (freewill), dan hal inilah yang ikut menentukan hampir segalanya. Ketika akhirnya Adam pun makan buah Pohon Pengetahuan, apakah Tuhan gagal? Ketika sepasang suami istri yang sudah diberkati dalam sebuah gereja dan di tengah jalan mereka bercerai, apakah Tuhan gagal? Tentu karena ada freewill tersebut. Dan ya, Lilith pun punya freewill.

      2. Mengenai manusia yang bisa menjadi setan (demon), hal itu bisa saja terjadi karena ada proses perkawinan (dengan kegiatan seksual) antara Fallen Angels dengan manusia perempuan yang telah menjual hidupnya serta ingin menyatu. Nyi Roro Kidul adalah contohnya. Mengenai prosesnya, Kejadian 6:1-2 merupakan bukti teologisnya.

      3. Kejadian pasal 2 terutama mulai ayat 8 BUKAN penjabaran dari Kejadian pasal 1. Ketika enam hari penciptaan, Tuhan Elohim selalu berfirman maka semuanya jadi (hanya dengan ucapan). Namun ketika membuat Taman Eden, Tuhan Elohim membuat / menanam (planted), jadi ada pekerjaan tangan-Nya, tidak lagi dengan ucapan saja. Dan Hawa diciptakan DI DALAM Taman Eden.

      4. Woman dengan female tentu saja beda. Semua binatang bisa disebut female, namun hanya wanita yang disebut woman, karena diambil dari tulang rusuk laki-laki.

      Delete
  5. Syalom lagi,

    Tambahan:
    Kata Bara tidak selalu mencipta tanpa bahan dasar, silahkan periksa lagi, tetapi dipakai utk yg dg bahan juga, mis Kej 1:21, 1:27; 2:3 dan bnyk lagi.
    Kata Hapaam diterjemahkan time 100x dari 118 kali muncul. Jadi kaitannya lebih kepada waktu atau kesempatan. bukan urutan. Mengacu bukan kepada penciptaan lilith, melainkan kepada masa dimana Adam mencari yang sepadan dengan dia, seperti yang dia lihat pada binatang2 yang berpasangan itu.

    Maaf ya kalau terdengar sok-tau.

    tentang ada setan yg namanya lilith sih ga masalah, apapun nama dan bentuknya, toh tunduk takluk tekuk lutut pada Nama Yesus. Haleluya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syalom lagi juga, Bro Stephanus.

      Mengenai kata "bara'" dapat diteliti di:
      http://lexiconcordance.com/hebrew/1254.html

      Mengenai kata "banah" dapat diteliti di:
      http://lexiconcordance.com/hebrew/1129.html

      Dan mengenai kata "yatsar" dapat dilihat di sini:
      http://lexiconcordance.com/hebrew/3335.html

      Saya ada merevisi sedikit tulisan saya dengan menambah 2 poin lagi. Thanks untuk input. Jehovah Elohim bless you.

      Delete
  6. Shallom,
    Ada yang tidak cocok bila dicross check dengan Kej 3:20
    Adam menamakan istrinya Hawa karena perempuan itu menjadi IBU SELURUH UMAT MANUSIA. (BIS)

    Dari ayat di atas itu kan tersirat bahwa Hawa adalah wanita pertama dan semua kaum wanita yang lain adalah keturunannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shallom,

      Tolong dibaca 12 kali lagi tulisan artikel ini. Semoga lekas sembuh.

      Delete
  7. Membaca artikel dan tanggapan Anda hanya bikin bingung. Dimulai dari tanggapan Anda terhadap @Stephanus yang mengatakan bahwa legenda Yahudi itu penuh folklore dan fantasi. Masalah teologi gampang diselesaikan kalau hanya percaya saja. Terus, kalo argumen teologinya dibangun di atas dasar fantasi, apakah masih valid?

    Saya mencoba meyimak artikel Anda untuk mencari argumen yang kuat mengenai asal mula penciptaan Lilith tapi ternyata argumennya sangat lemah. Prinsip penafsiran ALkitab adalah bahwa Alkitab menjelaskan bagian Alkitab yang lainnya. Penciptaan dari Kejadian 1 itu dijelaskan oleh Penciptaan dalam Pasal 2.

    Tidak ada dasar biblikal yang kuat tentang perempuan yang bernama Lilith ini. Perempuan ini memang eksis dalam mitologi Yahudi yang dikait2kan dengan Yesaya itu. Tapi sekali lagi itu adalah mitologi! Sumbernya? Salah satunya adalah The Alphabet of Sirach, Talmud Yahudi yang diakui para scholar/sarjana sebagai campuran kisah-kisah legenda dan mitos dan juga yang indecent/tidak sopan (International Standart Bible Encyclopedia). Jika sumbernya saja isinya seperti itu, masihkah bisa diandalkan sebagai sumber yang bisa dipercaya?




    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh, ternyata Anda lagi yah, Bro Ronny Dee, shalom.

      Saya hanya menegaskan bahwa Kejadian pasal 2 BUKAN penjelasan dari Kejadian pasal 1. Kejadian pasal 2 adalah LANJUTAN dari Kejadian pasal 1. Saya sedang membicarakan fakta, namun jika Anda berfantasi, itu pilihan Anda sendiri. Artikel ini bukan dibuat atas dasar diri sendiri, apalagi fantasi atau khayalan. Jika memang pemahaman Anda mengenai Pentateuch lebih baik dari pada Rabbi Yahudi, silakan tunjukkan. Selama Anda berpikir bahwa Kejadian pasal 2 adalah keterangan dari Kejadian pasal 1, Anda sudah salah total memahami 3 pasal pertama dari Alkitab.

      Delete
  8. Bukannya terbalik, Anda yang berfantasi? Anda ngomong sedang membicarakan tentang fakta yaitu Lilith, tapi kalo bicara fakta pake sumber yang jelas dong. Saya sudah paparkan sumber luar yang dipakai itu berasal dari Talmud yang validitasnya tidak bisa diandalkan. Dalam dunia akademik bicara fakta tapi pakai sumber yang bercampur legenda atau mitos ya nggak nyambung. DIronisnya Kekristenan saat ini sudah banyak disusupi oleh hal-hal seperti ini. Banyak legenda-legenda dan mitos yang disusupkan ke Alkitab untuk mendukung argumen-argumen theologi tertentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, ketika Anda katakan bahwa Kejadian pasal 2 adalah penjelasan (bukan lanjutan) dari kejadia pasal 1, menurut Anda, siapa yang berfantasi? Sebab pada ayat 8 dikatakan, "Selanjutnya (adalah lanjutan dari 6 Hari Penciptaan dan Hari Sabat pertama) TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu."

      Sebelum kita benar-benar membahas Lilith lebih jauh, saya mau kita memiliki persepsi yang sama lebih dahulu mengenai kedudukan Kejadian pasal 1 dan pasal 2. Selama Anda katakan bahwa Kejadian pasal 2 adalah penjelasan dan bukan lanjutan dari Kejadian pasal 1, maka kita tidak akan pernah sepaham.

      Mengenai mitos dan fantasi, mohon dibedakan. Mitos TIDAK SAMA DENGAN fiksi. Mitos mengandung unsur kepercayaan dan pemujaan (believe dan worship), sedangkan fiksi mengandung unsur imajinasi dan fantasi. Kedua memang mirip tapi berbeda.

      Saya harap Bro Ronny Dee merenungkan quote di bawah ini:

      "I believe the Bible to be the inerrant word of God and therefore we have to believe that much of what we call Myth cannot be fiction or a lie. Many of the themes that exist in ancient mythology exist in the Scriptures." - King Wells, Jr. (Author of Ancient Myths and The Bible)

      FYI, tulisan ini terdiri dari 3 bagian utama:

      1. Legenda Yahudi tentang Lilith
      2. Fakta berdasarkan firman Tuhan sendiri di dalam Alkitab bahwa ada perempuan (female) yang diciptakan sebelum Hawa, terlepas apakah itu Lilith atau bukan.
      3. Berbagai bukti Lilith (di lapangan) dari yang dimitoskan hingga yang masih tetap dipuja hingga saat ini oleh pihak-pihak tertentu dan kaitannya dengan berbagai kekuasaan dunia.

      Shalom

      Delete
  9. Perbedaan Kisah Penciptaan dalam Kejadian 1 dan 2 itu sebenarnya mirip dengan yang dianut oleh kaum liberal yang suka mengkritik Alkitab dan penafsiran itu sudah mulai ditinggalkan. Kalau melihat trend penafsiran dari pakar Perjanjian Lama modern justru mendukung harmoni Kisah Penciptaan antara Kejadian 1 dan 2, jadi menurut mereka tidak ada perbedaan antara Kejadian 1 dan 2.

    Saya tidak membaca bukunya Wells. Tapi kalau baca kutipan si Wells itu justru malah kontradiktif banget.Dia percaya Alkitab dan dia katakan kita harus percaya mitologi yang eksis di Alkitab. Ini berarti Alkitab mengandung unsur mitos? Haiyaah. Kalau Alkitab mengandung mitos, ini justru berbahaya. Konsekuensinya Alkitab nggak bisa dipercaya dong.

    Ada pandangan dalam Kekristenan yang memang berpandangan seperti itu. Ambil contoh kisah Penciptaan yang dianggap mengambil kisah mitos Epic Gilgamesh. Bersyukur para ahli Alkitab masa kini sudah menyanggah pandangan tersebut. Pandangan itu terbukti tidak benar.

    Kembali ke legenda Lilith, saya sudah menulis juga artikel ttg hal ini. Bicara soal kaitannya dengan Alkitab yaitu di Kejadian, bagaimana mengharmonikan Kitab Kejadian yang ditulis sekitar 1440 tahun Sebelum Masehi dengan pemunculan Lilith yang disebut di Alphabeth Bin Sirach sekitar abad 8 Sesudah Masehi. Jaraknya jauhhh, cuy. Ngerti ya, kalau Kejadian selesai ditulis dan mitosnya muncul beberapa puluh tahun atau beberapa abad mungkin masih masuk akal. Ini jaraknya berabad-abad. Jangan bilang itu pewahyuan, cape dech. Karena orang Yahudi sendiri menganggapnya sebagai folklore, legenda atau mitos belaka.

    Kalau dipuji pihak tertentu, ya nggak masalah. Di dunia ini banyak orang percaya mistik dan tahayul. Iblis juga bisa menunggangi/mengelabui dengan hal seperti itu untuk membuat orang makin percaya akan eksistensinya. Kalau mereka yang nggak kenal Tuhan percaya yang kayak begituan ya no problem. Yang jadi masalah adalah kalau kita mengklaim kita orang Kristen kok malah percaya eksistensinya itu di dalam ALkitab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkitab mengandung mitos? Saran saya, Anda baca lagi quote nya King Wells Jr. lebih teliti, jika perlu gunakan Google translate.

      Kalau Anda mau menurut pendapat para pakar, silakan. Saya yakin itulah fantasi mereka. Sebab saya tetap ikuti apa yang sudah tertulis dengan jelas bahwa Kejadian pasal 2 adalah LANJUTAN dari Kejadian pasal 1.

      Nama Lilith memang muncul jauh belakangan, namun eksistensinya sudah ada sejak hari ke-6 diciptakan. Jadi bukan saat ia diciptakan lalu langsung dinamai Lilith. Penciptaan (spesies) manusia, yakni laki-laki (male) dan perempuan (female, BUKAN woman) pada hari ke-6 tidak disertai penamaan.

      Setelah 7 hari pertama, Tuhan Allah membuat (planted) Taman Eden dan mengajak manusia (single male) ke dalam taman tersebut. Semua ciptaan diberikan nama di luar Taman Eden, kecuali manusia dan hewan, dinamakan (diberi nama) di dalam Taman Eden. Nama Adam pun diberikan ketika di dalam Taman Eden, BUKAN pada saat hari ke-6.

      Sekali lagi saya tegaskan, selama Anda berfantasi bahwa Kejadian pasal 2 adalah penjelasan dari Kejadian pasal 1, kita tidak akan pernah sepaham.

      Shalom

      Delete
  10. Kayaknya Anda senang memakai istilah ini saat tidak bisa lagi menjawab secara logis : berfantasi. Saya curiga, kata yang Anda pakai justru menggambarkan pemikiran Anda sendiri yang demen berfantasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, yang pasti ketika saya mengutip dari firman Tuhan itu sendiri, Anda malah mencari dukungan dengan menyebut para pakar yang berfantasi itu. Dan itu kelihatan luar biasa konyol dengan memaksakan orang lain mempercayai pendapat yang Anda sebut pakar itu daripada firman Tuhan itu sendiri.

      Saya memang suka berfantasi, namun jika berkaitan dengan kebenaran firman, sudah pasti saya menyelidiki tanpa berfantasi atau mengarang indah seperti Anda. Hahaha ...

      Berani menyebutkan bahwa Kejadian pasal 2 adalah penjelasan dan bukan lanjutan dari Kejadian pasal 1, itu sama konyolnya dengan mengatakan bahwa matahari terbit di barat, Bro Ronny.

      Saran saya, sebaiknya Anda tanyakan ke pendeta yang Anda kenal, yang Anda percaya, untuk menjelaskan 2 pasal pertama itu. Daripada Anda terus percaya "Mitos Penjelasan" sambil terus mengarang indah akan kebenaran firman tersebut.

      Shalom

      Delete
  11. Problem terbesar dari artikel Anda adalah memasukkan Lilith ke dalam Kejadian 1. Ngutip dari Firman dan memasukkan mitos ke dalam penjelasan Anda. Itu namanya eisegese! Nggak ngerti lagi ya? Silakan cari sendiri. Kalau mengutip Firman Tuhan, OK. Nggak masalah. Tapi kalau memasukkan unsur mitos itu namanya maksa.

    Hebat sekali Anda meremehkan pakar2 Alkitab yang bukan hanya studi mendalam tentang Alkitab tetapi mereka adalah orang-orang yang takut akan Tuhan sehingga ketika menafsir Alkitab mereka tidak ngaco seperti Anda. Mereka bukan orang sembarangan tapi mereka tahu bahasa asli Alkitab tidak hanya Ibrani dan Yunani tapi sampai bahasa kuno Ancient Near East serta teks2 kuno yang dipakai pada zaman Alkitab. Kenapa mereka harus belajar dan memperdalam pengetahuan mereka dalam ALkitab terlebih dahulu supaya mereka bisa memberi pengertian yang jelas dan lugas serta bertanggung jawab tentang kebenaran ALkitab. Alkitab dari dulu diserang dengan berbagai cara baik dari segi akademik maupun dari segi mitos dan tahayul. Kalau tidak studi terlebih dahulu, gimana Anda menghadapi orang-orang yang mengkritik Alkitab yang juga pengetahuan bahasa asli ALkitab jauh labih jago dari Anda. Saya rasa saat Anda hadapi orang yang mengeritik Alkitab seperti itu, jawabannya : Hei, Anda sedang berfantasi, ha ha ha. Karena cuma itu modal Anda.

    Kalau saya sampai memakai referensi mereka, saya harus akui pengetahuan saya tentang Firman Tuhan belum sedalam mereka. Saya pernah belajar Ibrani dan Yunani tapi jelas masih kalah jauh dengan mereka.

    Anda mungkin mau membuktikan tentang Lilith dan bahayanya. Yang terjadi adalah Anda mengarang ngawur tentang keberadaannya di Alkitab. Anda juga nggak bisa menjawab kapan dan bagaimana menyatu dengan Iblis. Penjelasan ini juga ngaco, Lilith bisa kawin dengan Iblis. Iblis itu roh. Haiya. Gimana caranya bisa kawin dengan roh. Ck ck ck.

    Satu lagi, penjelasan Anda tentang Lilith menunjukkan bahwa manusia jatuh dalam dosa pertama kali bukan oleh Hawa dan Adam di Taman Eden tapi oleh si Lilith. Karena jelas dia menentang Adam dan menentang Tuhan kan? Tuhan suruh dia balik ke Adam malah dia membangkang. Berdosa nggak? Jangan bilang nggak berdosa, ngaku ama si Lilith! Sekarang Anda perlu tulis lagi, kejatuhan manusia dalam dosa bukan oleh Adam dan Hawa di Taman Eden tapi oleh si Lilith. Saya tunggu artikelnya. Silakan kembali berfantasi indah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Anda menganggap problem terbesar adalah karena saya memasukkan Lilith ke dalam Kejadian pasal 1, maka Anda harus menyadari bahwa lebih besar lagi problemnya jika Anda memasukkan Hawa ke dalam Kejadian pasal 1. Come on, wake up! Jangan terus berfantasi, Bro Ronny!

      Saya tidak peduli seberapa ahlinya para pakar itu, selama firman sendiri yang menjelaskan bahwa Kejadian pasal 2 adalah LANJUTAN dari pasal 1, maka itulah kebenarannya. Dan hal itu dengan gamblang tertulis jelas. Jadi jika masih ada yang mengatakan Kejadian pasal 2 hanya sekedar penjelasan dari Kejadian pasal 1, sungguh itu konyol sekali, Bro.

      Lilith bisa kawin dengan Iblis, Anda sebut itu "ngaco"? Yakin? Ciyus? Miyapa? Ini adalah pernyataan fatal Anda untuk yang kedua kalinya lho, setelah Anda katakan bahwa Kejadian pasal 2 adalah penjelasan dari Kejadian pasal 1. Saya sadari sepenuhnya Iblis itu roh dan Lilith itu spesies manusia, tapi kalau Anda anggap mereka tidak bisa menghasilkan keturunan, Anda sama sekali salah.

      Kejadian pasal 6 secara gamblang mengatakan bahwa para malaikat yang jatuh (fallen angels atau sons of God) menikah dengan anak-anak perempuan manusia (daughters of men) dan melahirkan para raksasa (Nephilim). Para malaikat yang jatuh itu juga roh, BUKAN spesies manusia.

      Bahkan Allah itu Roh, dan Maria itu manusia, dan mereka sepakat melahirkan Manusia Yesus Kristus ke dunia. Masihkah Anda patut bertanya bagaimana cara mereka kawin? Sedemikian naifkah Anda? Ckk ... Ckk ... Ckk ...

      Well, Alkitab mencatat bahwa perintah atau larangan pertama adalah tidak memakan buah dari Pohon Pengetahuan dan tidak ada perintah (larangan) lain sebelum itu yang tercatat di dalam Alkitab. Jadi pelanggaran pertama dihitung sejak perintah (larangan) itu diterbitkan. BUKAN karena asumsi Anda sendiri.

      Dan terima kasih untuk kesetiaan Anda menantikan artikel saya yang berikutnya.

      Shalom

      Delete
  12. Si Lilith itu menunjukkan kesombongan dan itu bukan dosa? Aneh sekali Anda ini nggak mau menerima pendapat para pakar Alkitab tapi malah percaya mitologi si Alphabet of Sirach. Berikan alasan kenapa Anda percaya kitab Alphabet of Sirach?

    Allah itu Roh dan Maria itu manusia terus Anda katakan mereka kawin? Hadeh, tampaknya pikiran Anda makin ngawur. Ini gara-gara kebanyakan menghayati pewahyuan yang Anda buat sendiri, ayin gimel, kekacauan pikiran, bla bla bla. Tampaknya pikiran Anda makin kacau. Mana ada penjelasan demikian? Kayaknya puncak penyesatan yang Anda gembar-gemborkan itu sendiri berawal dari dari pikiran Anda sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bicara mengenai Ayin Gimmel bukan saya sendiri, Bro Ronny. Hal ini sudah banyak pendoa dan banyak anak Tuhan yang dapat pewahyuan yang sama dan membicarakannya sejak September tahun lalu. Baik di Indonesia maupun di belahan dunia lainnya. Komentar Anda hanya semakin menunjukkan bahwa selama ini seperti katak dalam tempurung.

      Delete
  13. Satu hal lagi, coba buka Wikipedia dan cari referensi tentang Alphabet of Sirach yang menjadi sumber utama kisah tentang Lilith. Kitab itu anonymous. Isinya berupa proverbs yang penuh legenda dan mitos. Tulisannya bersifat satire alias bersifat sindiran atau ejekan dan mengandung referensi mengenai masturbasi, incest dan flatulence (berkaitan dengan buang gas alias kentut!).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bro Ronny, jujur saja bahwa sampai detik ini saya belum membaca Alphabet of Sirach dan saya merasa tidak perlu untuk membacanya demi tulisan ini. Buat saya hanya dengan mengatakan bahwa perempuan yang diciptakan di hari ke-6 itu BUKAN Hawa, itu sudah cukup. Dan memang kenyataan dan kebenarannya itu BUKAN Hawa. Apakah Lilith? Itu satu-satunya tersangka (suspect). Apakah ada oknum perempuan (female) lainnya? Bisa jadi. Siapa itu? Yang pasti BUKAN Hawa.

      Dan kenyataan di lapangan, pemujaan dan manifestasi Lilith sangat banyak, sangat beragam, namun NYATA. Itu saja, tidak perlu diperumit dengan referensi-referensi lainnya.

      Bro Ronny, Anda jangan mabok, please ... Manusia Yesus Kristus itu terdiri dari 23 kromosom X (dari Maria) dan 1 kromosom Y (dari Roh Allah), kurang jelas apa lagi?

      Delete
  14. Anda bahas panjang lebar dan ngomong sana sini tentang si Lilith di blog Anda tapi herannya nggak mau tahu dan merasa juga nggak perlu baca sumber aslinya. Hanya bermodal copy paste alias pinjam artikel orang di dunia maya. Anda sendiri juga nggak tahu sumber asli kisah si Lilith kalao nggak diberi tahu! Dalam dunia akademik dan termasuk juga penulisan di blog/web kalau ngutip sesuatu dari tulisan orang lain paling nggak cantumin referensi di bawah artikel Anda. Jujur, kisah si Lilith itu pasti ngopy dari blog or web orang dan Anda sendiri nggak nyantumin dari mana? O saya tahu sumbernya, pasti dapat wahyu dari mas Wahyu ya. Atau dapat penampakan or bisikan langsung dari si cantik Lilith.

    Sorry, lulusan mana sih situ? Diajari nggak metode penelitian? Kalau mau berargumen harus diselidiki dulu, ini asalnya dari mana dan aslinya dari mana? Anda sendiri nggak mau repot dan hanya bermodal copy paste dari artikel di dunia maya. Ini hanya menunjukkan kemalasan Anda untuk tidak mau mencari tahu sumber aslinya. Ini sikap jelek para blogger termasuk blogger Kristen yang justru mempermalukan nama Tuhan. Ngopy paste nggak nyantumin dan nggak mau memverifikasi kebenarannya. Jadi dapat artikel rohani yang bombastis langsung dicopy, dibahas panjang lebar tanpa mau mengecek kebenarannya. Firman Tuhan bilang bahwa kita harus menguji segala sesuatu. Tapi hal ini nggak berlaku bagi Anda. Modal Anda iman, percaya saja, percaya pasti bener. Bener-bener sesat maksudnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shalom, Bro Ronny.

      Buat apa saya baca sumbernya? Kalau secara logika saja kita sudah tahu bahwa perempuan (female) di Kejadian pasal 1 itu memang BUKAN Hawa. Penekanan artikel ini bukan pada Lilith nya, saya juga tidak perlu bahas panjang lebar bagaimana & mengapa Lilith. Jika ada yang mau mengetahui lebih jauh lagi tentang Lilith, silakan cari sendiri. Saya tidak punya kewajiban untuk menceritakan Lilith secara lengkap & rinci di tulisan kali ini. Karena memang bukan itu tujuannya.

      Toh dengan logika sederhana yang sudah saya paparkan sebelumnya, itu sudah membuktikan bahwa ada perempuan (female) sebelum Hawa. Cukup! Anda mau bantah seperti apapun, yang Anda bantah bukan tulisan saya, tapi firman Tuhan sendiri yang menyatakannya seperti itu.

      Tulisan ini adalah salah satu dari rangkaian tulisan yang bertemakan Puncak Penyesatan & Puncak Pemberontakan dalam berbagai manifestasi dan fakta di lapangan. Jadi tidak akan mungkin saya bicara semuanya dalam satu tulisan saja. Jika Bro Ronny memang mau tahu benang merahnya, saya sarankan Anda baca artikel-artikel di blog ini dari September tahun lalu hingga sekarang.

      Tulisan ini bersifat praktis, karena tujuannya untuk menambah pengetahuan pada sisi peperangan rohani (spiritual warfare), BUKAN yang hobby penelitian & sejarah njlimet seperti Anda ini. Jadi sejak awal, kita ini sudah beda intention nya.

      Tapi saya sangat berterima kasih Bro Ronny mau komen sebanyak ini, Anda betul-betul "pelanggan" setia blog ini. Love you full, Bro Ronny. Hahaha ... Shalom.

      Delete
  15. Tulisan kamu menyatakan Firman Tuhan?, Firman Tuhan versi siapa dulu? Iblis bisa menyatakan Firman Tuhan. Anda demen juga berasumsi dan berfantasi, di dunia maya debat dan koment di blog n web itu biasa jd jgn kegeeran. Karena tulisan Anda itu banyak ngawurnya pake alasan mau tulisan rohani segala dan bilang tujuannya bukan itu tapi pake dasar tulisan yang ngawur. Yg katak dlm tempurung itu siapa, selalu berdalih tidak punya kewajiban menceritakan Lilith secara lengkap karena Anda modalnya copy paste alias membajak karya orang saja. Ini menunjukkan Anda plintat plintut. Dari awal artikel di atas Anda ngomong si Lilith, ngotot si Lilith eh ujung-ujungnya setelah dicecar, saya tidak berkewajiban untuk menceritakan bla-bla bla. Jadi mendingan ganti aja judul dan tulisan Anda kalo emang nggak ngomong kayak gitu.

    Judul artikel Anda judah jelas : LILITH ISTRI HAWA YANG PERTAMA. Judul Anda tidak pake tanda tanya, itu berarti sebuah pernyataan, sebuah statemen, sebuah kesimpulan!!!. Ujung-ujungnya Anda mau mengingkari hal ini. Saya akhiri diskusi saya karena ternyata Anda orang yang lupa sendiri dengan judul, pokok tulisan Anda sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Anda katakan, untuk apa saya harus menceritakan secara lengkap & rinci mengenai Lilith? Toh Anda bahkan sudah berfantasi sendiri dengan menyebut "si cantik Lilith". Padahal saya sendiri tidak pernah melihat rupanya sama sekali. Kalau memang Anda sebut dia cantik, mungkin Anda bisa merincikan dan cerita lengkap kepada kita semua, bagaimana fantasi Anda tentang Lilith. Hahaha ...

      Memanganya saya menulis ini untuk berargumen atau berdebat? Saya menulis untuk menambah pengetahuan, BUKAN mau berargumen atau mau debat seperti Anda. So Anda jangan kege-eran donk aah! Hahaha ... Pakai alasan membela nama Tuhan karena anggap saya mempermalukan nama-Nya, sungguh ge-er sekali Anda ini, Bro Ronny.

      Sayonara, Bro Ronny. Shalom ...

      Delete
  16. Saya orang awam tapi saya suka penjelasan dari bung Ronny Dee. Terima kasih.
    GBU.

    ReplyDelete
  17. Ahh bung roni ada ada aja haha
    Smua penjelasan bro windu lbh bs diterima dan msk akal haha...
    Lnjutkan broo windu...

    ReplyDelete
  18. saya pernah baca buku sekilas ttg lilith's bible, pada waktu adam turun ke bumi lilith sudah ada saat itu mereka bertemu sblm hadirnya hawa, setelah hadirnya hawa adam lebih memilih hawa ketimbang lilith dan lilith pada saat itu dendam , lilith bersekutu dengan lucifer dan mempunyai anak yg banyak untuk menghancurkan maksudnya membawa kejalan yg tidak benar kpd anak anak adam, sory klo ada salah kata

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.