Labels

Saturday, March 3, 2012

Yang Baik, Yang Buruk, Yang Jelek Dalam Sekilas Perenungan

"Sebab Ia berfirman kepada Musa: 'Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati.' Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah. Sebab Kitab Suci berkata kepada Firaun: 'Itulah sebabnya Aku membangkitkan engkau, yaitu supaya Aku memperlihatkan kuasa-Ku di dalam engkau, dan supaya nama-Ku dimasyhurkan di seluruh bumi.' Jadi Ia menaruh belas kasihan kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Ia menegarkan hati siapa yang dikehendaki-Nya. Sekarang kamu akan berkata kepadaku: 'Jika demikian, apa lagi yang masih disalahkan-Nya? Sebab siapa yang menentang kehendak-Nya?'" - Roma 9:15-19

"Dan seluruh orang banyak yang hadir di pintu gerbang, dan para tua-tua berkata: 'Kamilah menjadi saksi. TUHAN kiranya membuat perempuan yang akan masuk ke rumahmu itu (Rut) sama seperti Rahel dan Lea, yang keduanya telah membangunkan umat Israel. Biarlah engkau menjadi makmur di Efrata dan biarlah namamu termasyhur di Betlehem, keturunanmu kiranya menjadi seperti keturunan Peres yang dilahirkan Tamar bagi Yehuda oleh karena anak-anak yang akan diberikan TUHAN kepadamu dari perempuan muda ini!'" - Rut 4: 11-12

Tuhan itu sungguh Sutradara di atas segala sutradara. Semua bisa digerakkan-Nya sesuka hati-Nya dan menurut kepentingan-Nya. Ada yang dijadikan "protagonis,", ada yang dijadikan "antagonis," bahkan ada yang dijadikan-Nya berperan ganda. Musa yang baik - protagonis dan Firaun yang buruk - antagonis, keduanya sama-sama dipakai untuk menunjukkan "Ego"-Nya di depan dunia untuk menyatakan betapa berkuasa-Nya Beliau.

Bahkan Tamar dan Rut yang tidak cantik, dan kemungkinan mereka itu jelek, tetap bisa dipakai Tuhan sebagai "perbendaharaan"-Nya yang mulia yaitu sebagai para moyang dari Yesus Kristus. Juga Saul yang tadinya baik menjadi buruk, yang tadinya protagonis menjadi antagonis bahkan menjadi jelek sekali tetap memiliki peran.

Namun bedanya ada yang DIPAKAI dan ada yang DIMANFAATKAN saja. Berbahagialah yang hidupnya dipakai Sang Sutradara daripada mereka yang "diperalat" tanpa sadar akan dibuang setelah selesai acara. Bukankah Firaun bernasib demikian setelah Israel keluar dari perbudakan Mesir. Semua bala tentara Mesir saat itu sengaja dijebloskan tenggelam di laut untuk membuat takut bangsa-bangsa lain ketika Tuhan terus menerus menyatakan kekuasaan-Nya pada dunia.

Jadi, manakah yang Anda pilih, dipakai sebagai alat-Nya atau diperalat-Nya?

Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

About Windunatha

My photo
An ENTP Person. Saksi Terakhir Sebelum Segalanya Berakhir. One Of The Remnant In The Last Days.